Skripsi merupakan salah satu bentuk hasil penelitian atau karya yang dibuat oleh mahasiswa untuk memenuhi syarat kelulusan. Menulis skripsi dilakukan oleh mahasiswa tingkat strata 1 atau diploma. Kata skripsi berasal dari “script” yang diartikan sebagai karya ilmiah. Berarti bahwa skripsi memiliki kaidah serta norma tertentu yang harus dipenuhi. Skripsi memiliki fungsi deskripsi dan eksplanasi dengan menggunakan teori untuk menjelaskan fenomena tersebut.

Baca juga: https://diginote.id/9-konten-utama-tulisan-penelitian-yang-wajinb-diketahui/

Bagi mahasiswa penulisan skripsi merupakan hal yang tidak mudah. Tidak sedikit mahasiswa yang menghambat kelulusannya karena tidak dapat menyelesaikan skripsi nya. Penulisan skripsi sebenarnya tidak sulit akan tetapi membutuhkan konsistensi ketekunandan kesabaran dalam jangka waktu yang panjang. Berikut ini adalah beberapa tips menulis skripsi yang dapat membantu para mahasiswa agar lekas menyelesaikan studinya.

Tempat Tenang

Poin pertama adalah tempat yang tenang. Tempat yang tenang dipercaya dapat meningkatkan fokus seseorang. Salah satu contohnya adalah ketika orang sedang melakukan meditasi. Meditasi umumnya dilakukan di tempat yang tenang, karena untuk meningkatkan fokus. Apabila meditasi dilakukan di tempat yang berisik, maka tidak akan berjalan dengan lancar. Begitupun dalam menulis skripsi sebaiknya anda memilih tempat yang tenang.

Tempat yang tenang tidak hanya semata mata tempat yang diam. Melainkan tempat yang tenang juga dapat membuat nyaman. Seperti lingkungan yang bersih, serta spot yang mampu membuat penulis menjadi nyaman untuk fokus. Untuk menemukan tempat tenang penulis dapat memilih beberapa spot favorit atau workspace atau kamar sendiri.

Diskusi

Percaya atau tidak diskusi dapat membantu menyelesaikan skripsi secara cepat. Mengapa demikian? Karena dengan ber diskusi seseorang akan memiliki pandangan yang baru dan ide ide yang datang, serta ilmu juga akan bertambah dengan sendirinya. Cobalah untuk ber diskusi dengan rekan yang menulis skripsi atau ahli atas topik yang ditulis. Dengan demikian maka akan ada pendapat serta pandangan baru yang mungkin akan membantu penulisan skripsi menjadi lebih lancar.

Berdiskusi dapay membantu kelancaran menulis skripsi

Selain itu dalam ber diskusi juga dapat dilakukan dengan dosen atau pembimbing atau keluarga maupun saudara. Untuk memanfaatkan proses diskusi ini, penulis dapat menanyakan beberapa pertanyaan yang dirasa membingungkan dan tidak dapat terjawab ketika menulis skripsi itu sendiri.

Buku Panduan

Penulisan skripsi tidak hanya semata mata bagaimana menulis isinya, namun banyak dari mahasiswa yang mengalami kesalahan-kesalahan kecil dalam jumlah yang banyak. Kesalahan-kesalahan kecil tersebut didapatkan ketika skripsi yang ditulis tidak memenuhi standar yang ditentukan oleh universitas atau institusi.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membaca buku panduan. Meskipun buku panduan terlihat sangat sepele namun didalamnya berisikan detail dalam menulis skripsi secara lengkap. Untuk itu diharapkan sebelum menulis skripsi, sebaiknya membaca buku panduan dan menandai poin poin tertentu yang dianggap penting. Pada umumnya isi dari buku panduan diantaranya adalah margin, font ukuran tulisan ukuran kertas sitasi referensi konten hingga tingkat plagiarisme.

Baca Jurnal

Dalam menulis skripsi biasanya orang orang terpaku untuk membaca buku atau hasil dari pencarian website, akan tetapi yang lebih disarankan adalah banyak membaca jurnal. Mengapa jurnal, karena penulisan jurnal merupakan penulisan karya ilmiah yang telah melalui tahapan review. Selain dapat menambah ilmu yang berkaitan juga akan membiasakan penulis untuk penulisan karya ilmiah seperti konten dan juga gaya bahasa. However, dalam penulisan karya ilmiah, mengutip dari jurnal akan lebih baik dibandingkan dengan mengutip dari buku yang sudah lama. Hal ini karena sudah mengalami pembaruan sehingga isi dari karya ilmiah bersifat terbaru.

Baca juga: https://diginote.id/menulis-paper-jurnal-untuk-publikasi-gampang/

Gaya Hidup

Last but not least, yaitu gaya hidup. Gaya hidup merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi cepat lambatnya penulisan skripsi. Ketika menulis skripsi usahakan untuk mengubah gaya hidup yang kurang baik. Berikut ini adalah beberapa poin penting dari gaya hidup mahasiswa yang menjadi kesalahan dan mempengaruhi penulisan skripsi.

Pertama adalah kebiasaan begadang para mahasiswa. Biasanya lebih sering begadang karena memiliki jam atau jadwal kuliah yang tidak tentu atau siang. Sehingga mereka bebas tidur dan bangun kapanpun mereka mau. Akan tetapi ketika sedang menulis skripsi sebaiknya tidak ber gadang karena dengan bergadang maka seseorang akan bangun lebih lambat dan tubuh menjadi tidak segar, serta mudah lelah. Sehingga anda akan merasa bermalas-malasan dalam mengerjakan skripsi.

Kedua adalah menjaga kebersihan kamar. Ketika mengerjakan sesuatu yang membutuhkan fokus tinggi, sebaiknya anda berada pada tempat yang bersih. Karena akan membawa aura positif dan tidak akan mengganggu konsentrasi penulis.

Social media dapat mempengaruhi penulisan skripsi

Ketiga adalah kurangi bermain sosial media. Sosial media menjadi sebuah tren sekarang ini. Banyak dari mahasiswa yang tidak bisa melepaskan sosial media, meskipun sesungguhnya tidak ada yang dilakukan dan hanya melihat isi dari sosial media itu sendiri. Namun tanpa disadari hal tersebut sangat memakan waktu dan apabila dibandingkan dengan waktu tersebut digunakan untuk menulis skripsi, maka sudah banyak kata yang anda ciptakan dibandingkan dengan hanya sekedar melihat sosial media.

So that, sebaiknya kurang kurangi menggunakan sosial media ketika sedang menulis skripsi .     


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *