Daftar riwayat hidup atau yang dikenal dengan CV curriculum vitae merupakan salah Satu dokumen penting yang digunakan seseorang untuk melamar pekerjaan. CV menentukan anda agar dapat diterima atau tidak. Sehingga membutuhkan penulisan daftar riwayat hidup yang baik, benar, dan mampu menarik perhatian para petinggi institusi.

baca juga : https://diginote.id/5-pekerjaan-utama-pustakawan-keren-lho/

CV atau daftar riwayat hidup umumnya berisikan tentang Data diri kita sendiri serta pengalaman yang pernah kita tekuni. Kadang juga disebut dengan tahap mempromosikan diri, karena dengan daftar riwayat hidup dapat menentukan nasib kita akan bekerja atau tidak. untuk itu simak beberapa tips menulis Curriculum Vitae yang digunakan untuk melamar kerja.

Desain Curriculum Vitae

curriculum vitae

Membuat daftar riwayat hidup yang ditujukan untuk melamar pekerjaan sebaiknya memiliki design yang simple. Terkadang orang orang suka berlebihan dalam memilih design daftar riwayat hidup seperti warna yang ramai, penggunaan art, Font Yang tidak standar, atau yang lainnya. Hal ini tentu merupakan suatu kesalahan besar jika tujuan dari daftar riwayat hidup tersebut untuk melamar pekerjaan. Meskipun bagi Anda terlihat eye catching, namun tujuan utama adalah untuk melamar pekerjaan pada institusi formal bukan untuk bersaing design. Untuk itu batasi diri Anda agar tidak membuat design yang berlebihan. Meskipun begitu design yang flat atau plain juga tidak disarankan. Sehingga Anda dapat memainkan pemilihan warna serta tulisan agar terlihat rapi dan bersih.

Konten Curriculum Vitae

Memperhatikan konten dari daftar riwayat hidup. Kira kira informasi apa saja yang akan Anda sajikan untuk institusi tempat Anda melamar. Berikut di antaranya

Nama beserta Titel merupakan suatu kewajiban. Karena dari nama dan title anda, institusi atau perusahaan akan mengetahui pendidikan yang telah Anda tempuh. Apabila tidak memenuhi kriteria maka daftar riwayat hidup anda akan tetap dibaca.

Format

Dalam membuat daftar riwayat hidup, format juga adalah sesuatu yang penting. Hal ini menyangkut dengan kerapian suatu daftar riwayat hidup. Pada beberapa perusahaan atau institusi, memiliki format tersendiri untuk setiap daftar riwayat hidup. Untuk itu Anda disarankan agar mengecek secara pasti format yang diminta. Namun apabila tidak ada maka cukup mengikuti format standar.

Pertama adalah perhatikan panjangnya CV tersebut. Memiliki daftar riwayat hidup yang lebih dari satu lembar bukanlah suatu masalah. Untuk itu apabila pada halaman pertama sudah terlihat penuh, maka sebaiknya gunakan dua halaman. Yang kedua adalah memberikan heading. Pemberian heading harus menggunakan penebalan kata, agar memberikan kesan kategori.

Ketiga adalah penggunaan garis bawah, Ketebalan, kemiringan kata. Hal ini tentu menyangkut penekanan informasi penting dalam daftar riwayat hidup. Pada beberapa perusahaan atau institusi, mereka tidak membaca sepenuhnya daftar riwayat hidup namun menggunakan Methode Skimminhg. Sehingga penggunaan simbol simbol ini akan sangat penting dan berguna.

Memperhatikan Pengalaman

Pengalaman serta riwayat pengalaman kerja juga mempengaruhi baik tidak nya isi dari curriculum vitae. Sertakan pengalaman pengalaman berharga anda apabila ada rasa hal tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Selain itu cantum kan juga pengalaman kerja yang pernah anda jalani dan masa kerja. Kedua ini akan menentukan skill anda serta menambah tingkat kepercayaan institusi atau Perusahaan yang anda lamar terhadap diri Anda.

Apabila Anda memiliki penghargaan atau pernah menang dalam suatu lomba, maka ini juga dapat Dicantumkan. Namun yang harus diingat adalah cantum kan informasi yang belum lama terjadi misalnya kurang dari jangka waktu lima tahun. Bagi Anda yang berkutat dalam dunia akademik, Maka Anda dapat juga mencantumkan hasil penelitian anda baik yang sudah dipublikasi ataupun hanya sekedar proceeding. Karena ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda.

Proofreading

proofreading

Terakhir adalah cobalah meminta seseorang untuk membaca curriculum vita. Orang tersebut kemudian membaca dan mengoreksi, apakah sudah sesuai dengan standard curriculum vitae dan nyaman dibaca. Selain itu juga proofreader berfungsi untuk mengecek konsistensi dalam penggunaan format. Format yang digunakan harus sesuai dengan kaidah bahasa indonesia serta penyusunan kalimat. Proofreader tidak hanya memeriksa dokumen sekali namun juga memeriksa berkali kali agar lebih baik.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *