SEO merupakan Search Engine Optimize atau, pengoptimalan mesin telusur. Artikel berbasis SEO adalah artikel yang biasanya kita temukan dimesin pencarian seperti Google. Fungsi dari SEO adalah untuk membuat artikel kita berkulitas dan dapat menduduki peringkat atas pada mesin pencaharian. Biasanya terlihat dari kemunculan pada halaman depan mesin pencarian. Berikut ini beberapa tips menulis artikel SEO yang mudah dipahami pembaca:

Tips Menulis Artikel SEO Yang Mudah Dipahami Pembaca
  • Alur Cerita

Pertama tama, anda perlu menentukan alur cerita dari artikel tersebut. Untuk memudahkan, sebaiknya mebuat kerangka cerita terlebih dahulu. Selain tulisan menjadi lebih terarah, tulisan juga akan menjadi lebih jelas dan tidak keluar pembahasan.  Tentukan alur cerita berdasarkan judul yang telah ditetapkan. Usahakan alur cerita mengalir seperti air. 

Misalnya anda akan menulis artikel tentang tempat wisata, maka buatlah kerangka. Pada paragraf pertama bahas tentang wisata atau tempat wisata secara umum, paragraf kedua mulai mendalami spesifik tempat wisata. Paragraf ketiga pembahasan tentang tips. Maka tulisan Anda akan terarah dan memudahkan untuk menulis

  • Tidak Bertele-tele

Kedua adalah penggunaan bahasa yang tidak bertele-tele. Kebanyakan orang menulis dengan jumlah kata yang banyak namun inti dari artikel hanya sedikit. Usahakan untuk mengurangi basa basi yang tidak terlalu penting. Apabila inti kalimat telah disampaikan dan menurut anda mudah dipahami. Maka tidak perlu menambah penjelasan yang tidak terlalu dibutuhkan. Dalam penulisan artikel, bahasa bertele tele hanya akan digunakan di awal artikel sebagai pembuka dan di akhir sebagai kesimpulan.

Misalnya: anda akan menuliskan artikel tentang review bedak. Maka anda tidak perlu membahas banyak tentang fungsi dari kosmetik, akan tetapi lebih langsung ke apa itu fungsi bedak dan merek yang akan dibahas.

  • Menggunakan Bahasa yang mudah dipahami

Poin ketiga adalah menggunakan Bahasa yang mudah dipahami. Menulis artikel sama dengan bercerita. Bercerita atau berkomunikasi adalah bagaimana apa yang Anda bicarakan dimengerti oleh lawan bicara. Apabila artikel Anda tidak dapat dipahami maka sia sia saja. Untuk itu, yang dapat dilakukan adalah menulis seakan Anda bercerita.

Tidak harus menggunakan bahasa Indonesia yang formal, apalagi Anda menulis pada blog pribadi. Yang harus diingat adalah bagaimana tulisan tersebut tersampaikan dengan baik pada pembaca.

Misalnya: ketika hendak menuliskan kalimat “tambahkan gula pada tepung” diganti dengan “kemudian Anda tambahkan gula”. Terlihat lebih merangkul pembaca bukan?

  • Keyword

Keempat adalah keyword. Penggunaan keyword dalam artikel SEO sangat penting. Penulis harus mengulang beberapa kali keyword dalam artikel. Akan tetapi kesalahan yang sering terjadi adalah pengulangan keyword yang terkesan memaksa. Yang dimaksud dengan keyword terkesan memaksa adalah penempatan keyword pada tempat yang salah. Kata yang seharusnya tidak diletakkan pada satu kalimat, namun tetap diletakkan. Hal ini bisa menggangu kenyamanan para pembaca.

  • Gambar

Gambar merupakan ilustrasi atau bentuk visual dari tulisan. Apabila artikel yang ditulis menyertakan gambar maka para pembaca tidak akan sekedar membaca namun juga akan mendapat ilustrasi dari maksud tulisan tersebut. Penggunaan gambar membantu para pembaca untuk tetap berada pada apa yang dimaksudkan oleh penulis. 

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan gambar. Diantaranya adalah kualitas gambar yang mana gambar berkualitas baik akan membuat pembaca lebih nyaman. Kedua, tidak mencuri gambar orang artinya gunakan gambar yang tidak mengambil hak cipta orang lain karena akan membawa masalah bagi penulis artikel. Ketiga adalah gunakan gambar yang berhubungan dengan artikel yang ditulis. Apabila anda menulis tentang buku catatan maka gambar yang ditampilkan adalah gambar buku catatan bukan gambar buku nota. 

  • Link

Terakhir yaitu penggunaan link. Menggunakan link baik internal maupun eksternal menambah nilai seo artikel yang ditulis. Penggunaan link internal memberikan keuntungan untuk penulis mengarahkan pembaca ketulisan yang lain. Selain itu penggunaan link juga menguntungkan pembaca apabila hendak mendalami artikel yang dibaca. Dengan begitu penulis tidak perlu bertele-tele dalam memberikan penjelasan, hanya dengan link maka pembaca akan mendalami dengan sendirinya apabila mereka menginginkan. Selain tidak mengganggu pembaca dalam mendalami maksud tulisan, juga akan membuat tulisan semakin singkat, padat, jelas dan berbobot.

Demikian sedikit tips dari saya ekonovianto.id, dalam hal kepenulisan untuk SEO, dimana saya sendiri sudah berkecimpung lama dalam dunia jasa seo, khususnya jasa seo di semarang. Mari bersilaturahim melalui web personal saya, untuk berdiskusi lebih jauh mengenai SEO atau digital marketing.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *