Menulis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membantu anda, agar dapat menuangkan ide, yang dimiliki menjadi sebuah karya. sehingga dapat dinikmati oleh semua orang. Kegiatan menulis ini biasanya bersifat hobi sehingga cocok sekali bagi mereka yang memang senang untuk memanfaatkan tulisan untuk bisa menjadi sebuah karya.

Maka anda bisa mencoba salah satu cara yang paling jarang didapati tetapi cocok sekali untuk bagi penulis. Membuat atau menulis buku cerita anak. Sekarang ini sudah banyak sekali anak-anak yang tertarik dengan buku cerita yang bentuknya.

Cara Membuat Buku Anak

Semakin menarik dan memberikan informasi yang beragam lantas. Bagaimana caranya untuk menjadi seorang penulis buku anak berikut ada beberapa tips nya.

1.     Pilih Tema yang Tepat

The Books Kids Read Most, According to 8.7 Million Students

Hal pertama yang bisa dilakukan apabila tertarik untuk menjadi seorang penulis buku anak yaitu memilih tema yang tepat. Tema menjadi hal yang paling penting karena anak-anak seringkali tertarik pada sebuah buku bukan, hanya karena isi cerita.

Apalagi harganya tetapi tema dari buku tersebut apalagi anak-anak biasanya memilih sebuah buku. Karena visualnya yang sangat bagus pemilihan tema bisa membantu anda untuk memfokuskan cerita apa yang akan dibahas.

Selain itu juga informasi apa yang akan diberikan kepada mereka. Pemilihan tema juga bisa didasarkan dari kebutuhan masyarakat di pasaran. Sehingga anda bisa tahu buku apa saja yang paling laris dan juga sesuai dengan kebutuhan.

2.     Kata yang Singkat dan Padat

35 Children's Books to Read for World Refugee Day - Room to Read

Tips kedua apabila anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis buku anak yaitu memutuskan untuk bisa menyeimbangkan antara kata dan juga gambar. Jika anda menulis sebanyak 50 kata maka sisipkan satu gambar yang berkaitan dengan penjelasan yang sudah diberikan anak-anak, pasti akan lebih suka dan lebih paham untuk membaca buku tersebut.

Dibandingkan dengan berisikan tulisan semua selain itu rata-rata buku cerita anak juga memiliki penulisan yang singkat dan padat. Tetapi tetap dimengerti oleh mereka. Sehingga bisa dikatakan penjelasan yang diberikan sangat jelas ilustrasi, menjadi satu-satunya kunci untuk membantu mendukung penulisan anda. Sehingga buku menjadi lebih komplit dan menarik perhatian.

3.     Cari Penerbit yang Tepat

Kids Book Lists | Houston Public Library

Cara ketiga yang bisa dilakukan yaitu memastikan bahwa anda memang telah menemukan penerbit yang cocok, untuk membantu mendapatkan karya yang dimiliki referensi dari penerbit sendiri sangatlah banyak. Tetapi tidak semua penerbit menerima produksi buku anak sehingga anda harus mencari informasi secara lengkap.

Apakah memang penerbit yang anda pilih bisa membantu anda untuk mengeluarkan buku versi anak-anak apabila memilih menerbitkan buku sendiri. Maka pertimbangkan juga mengenai siapa illustrator nya dan juga berapa biaya yang dibutuhkan.

Karena hal tersebut berkaitan dengan produksi . Jangan sampai ketika anda memutuskan untuk merilis buku sendiri, atau menjadi penerbit sendiri anda kehilangan banyak uang dan mengalami kerugian akibat kurang paham mengenai informasi. 

4.     Lihat harga pasar

How to Motivate Your Child to Read

Selanjutnya hal yang paling penting yang bisa dipahami yaitu membandingkan atau mempertimbangkan harga, sebelum memutuskan untuk memproduksi buku anak anda harus melihat dulu berapa harga yang paling laris di pasaran.

Selain itu lihat juga kualitas dari buku yang anda miliki mulai dari bahan untuk memproduksi kemudian adanya gambar-gambar dan ilustrasi, serta beberapa unik buku yang anda keluarkan. Dengan begitu anda bisa menentukan pertimbangan harga yang tepat, dan nantinya akan dibandrol menjadi salah satu harga yang paling cocok. 

5.     Jenis Buku Cerita yang Jelas

Celebrities Read Bedtime Stories to Comfort Kids Safe at Home

Terakhir bagi anda para penulis yang ingin membuat buku anak-anak yaitu membantu mengembangkan cerita ataupun jenis bukunya. Sebenarnya jika dilihat buku anak-anak sendiri memiliki beberapa jenis mulai dari buku cerita buku informasi ataupun pengetahuan dan juga ensiklopedia, serta buku-buku yang melatih anak-anak untuk bisa mengembangkan pikiran mereka.

Sehingga berisi latihan dan juga games yang sangat menarik poin penting ini haruslah anda ketahui karena jangan sampai nantinya anda memproduksi sebuah buku, yang ternyata tidak laku di pasaran atau tidak cocok untuk anak-anak. Tetapi jika sudah selesai melakukan survei maka anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan karya, yang sudah anda buat dan bukunya saja akan semakin berkualitas.


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *