Autobiografi atau otobiografi merupakan catatan tulisan atau kisah perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Menulis kisah hidup sendiri sering kali menjadi boomerang bagi penulis. Namun juga menjadi tantangan bagi diri sendiri bagaimana kisah hidup kita dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. Dalam menulis autobiografi terlihat sangat mudah karena mengulas kisah hidup yang pernah terjadi, namun bagi penulis membutuhkan skill yang serius. Berikut ini beberapa tips bagi penulis yang akan menulis autobiografinya.

Baca juga: https://diginote.id/4-tips-menulis-artikel-bahasa-inggris/

Membuat Timeline

Sebagaimana yang diketahui, autobiografi merupakan cerita tentang hidup atau diri sendiri. Sehingga membuat riset atau penelitian tentang kisah hidup adalah hal yang akan sangat berguna. Salah satu caranya yaitu dengan membuat timeline hidup. Hal ini untuk membantu memastikan tanggal serta kejadian penting serta membangun struktur tulisan. Misalnya dalam timeline diceritakan kisah sejak SD, SMP SMA hingga kuliah. Dengan pembagian waktu berdasarkan pendidikan ini, penulis akan menjadi lebih terpanggil memorinya untuk mengingat kejadian yang berlaku pada masa masa tersebut. Meskipun timnya tidak harus dimulai sejak bayi, namun beberapa peristiwa penting bagi diri sendiri serta bagi keluarga dapat dijadikan informasi.

Selain membaginya melalui jenjang pendidikan, penulis juga dapat melakukan spesifikasi berdarakan umum. Hanya saja menggunakan jenjang pendidikan akan lebih muda karena merangkum beberapa tahun dalam satu masa, sehingga penulis tidak perlu menjelaskan secara detail kapan waktu atau pada saat umur berapa. Namun apabila penulis hendak membagikan berdasarkan tingkatan umum, maka penulis harus mengingat setiap rincian tahun kejadian yang akan diceritakan

Mengingat Peristiwa Penting

Mengingat peristiwa penting untuk menulis autobiografi

Setelah membuat timeline, kemudian di spesifikasi kan lagi lebih dalam yaitu dengan mengingat peristiwa penting. Misalnya dalam masa transisi antara sekolah menengah atas menuju universitas, anda harus melalui ujian yaitu tidak diterima pada universitas atau jurusan impian anda. Pada biografi tersebut hal ini merupakan peristiwa yang penting, anda dapat menceritakan tentang masalah tersebut juga bagaimana anda membuat solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu juga dapat ditambahkan dengan pesan hidup yang anda dapatkan dari masalah tersebut. Sehingga ini akan menjadi suatu motivasi atau inspirasi bagi para pembaca, serta mengundang kekaguman bagi para pembaca untuk menulis. Selain peristiwa penting yang disebutkan tersebut ada juga banyak peristiwa penting dalam hidup. Namun setiap orang memiliki peristiwa penting yang berbeda beda tergantung bagaimana ia menyikapi dan menemukan poin perubahan atau mengambil hikmah dari masalah tersebut.

Jujur dan Terbuka

Salah satu kunci utama dalam menulis autobiografi adalah jujur dan terbuka. Jujur yang dimaksudkan di sini adalah jangan sesekali menambahkan ataupun mengurangi cerita atau kisah hidup anda saya hanya dengan semata mata agar terlihat baik di mata publik. Karena sesungguhnya bangka yang disembunyikan juga akan tercium juga, dan hal tersebut juga akan menjadi boomerang bagi diri anda sendiri.

Ceritakan sejujurnya apa yang terjadi

Terbuka yang dimaksudkan adalah berceritalah sebagaimana diri anda yang sesungguhnya ungkapkan baik kekurangan ataupun kelebihan anda pada autobiografi tersebut. Jangan pernah takut untuk mengungkapkan kekurangan. Karena apabila autobiografi hanya dipenuhi dengan kelebihan maka akan menjadi tanda tanya besar bagi para pembaca dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya cerita tersebut. Tidak apa apa untuk menuliskan atau memperlihatkan diri anda yang sesungguhnya dengan kelebihan dan kekurangan anda. Namun anda juga bisa mengakali dengan setelah menuliskan kekurangan disertakan dengan bagaimana anda mengatasi kekurangan anda. Sehingga bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca.

Menjadi Diri Sendiri

Poin terakhir adalah menjadi diri sendiri. Makna dari menjadi diri sendiri sangat luas. Menjadi diri sendiri sebagai seorang penulis yaitu tulislah apa yang memang terjadi di diri anda sebagaimana itu terjadi, tidak perlu memperindah atau mengurangi ataupun menutupi suatu kejadian hanya demi pujian semata. Selain itu tulislah dengan gaya bahasa anda sendiri karena tulisan yang dibuat dengan rasa nyaman akan membuat para pembaca menjadi nyaman. Salah satu tipsnya adalah tulislah seakan akan anda sedang curhat permasalahan anda kepada teman atau orang there dekat anda. Dengan begitu maka tulisan akan menjadi lebih mengalir seperti air dan tidak terasa kaku atau ganjal.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *