Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate Beserta Contohnya

Fresh graduate merupakan sebutan bagi mereka yang baru saja lulus menempuh pendidikan dan belum memiliki pengalaman kerja. Bagi mereka yang tergolong fresh graduate atau belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, terkadang merasa takut untuk melamar kerja. Padahal mereka juga membutuhkan pekerjaan sebagai tujuan akhir dari pendidikan yang ditempuh. Berikut ini adalah tips serta cara membuat surat lamaran kerja bagi fresh graduate agar tidak kalah menarik.

Baca juga: https://diginote.id/tips-menulis-skripsi-gak-pake-lama/

Tanggal dan Tertuju

Bagian yang harus ditulis terlebih dahulu adalah tanggal. Tanggal yang ditulis merupakan tanggal dikumpulkannya surat lamaran tersebut. Dibawah tanggal, tulislah nama penerima surat lamaran tersebut serta alamat instansi. Letaknya tepat pada pojok kiri atas.

Contohnya:

Jakarta, 15 Mei 2020

Kepada HRD Kementrian….

Jl. Melati No.206, Jakarta Pusat

12311

Paragraf Pembuka

Pembuka atau pengatar dari surat lamaran kerja terletak pada paragraph pertama. Isi dari pembuka adalah salam pembuka, sepatah dua patah kata, sumber informasi lamaran kerja, tujuan dari surat lamaran tersebut, serta posisi yang dilamar. Tidak perlu Panjang lebar menjabarkan, cukup singkat, padat dan jelas.

Dalam menuliskan sumber informasi lowongan kerja, pelamar dapat menyebutkan sumber – sumber seperti pengumuman, dari koran ataupun selebaran, suatu Lembaga yang bekerja sama, iklan internet, sosial media, radio, televisi, inisiatif sendiri, kantor penempatan tenaga kerja, ataupun sumber lainnya.

Isi Surat Lamaran

Surat lamaran kerja memiliki isi yang singkat, padat dan jelas. Surat lamaran yang baik dan benar tidak akan menggunakan banyak kata kata ataupun bertele-tele. Yang terpenting adalah bagaimana poin yang ingin disampaikan tersampaiknya dengan baik. Ideanya isi dari surat lamar kerja terdiri dari:

Data Diri Pelamar

Setelah menuliskan kalimat pembuka serta kata pengantar pada aragraf pertama, kemudian dilanjutkan dengan data diri pelamar yang dituliskan pada paragraph kedua. Data diri pelamar meliputi nama lengkap beserta title, alamat, nomor telepon dan email. Bagi fresh graduate, mencantumkan title apabila telah dinyatakan lulus yaitu dengan menerima ijazah atau sudah yudisium. Apabila belum, maka sebaiknya tidak menuliskan title akan tetapi memberi informasi bahwa sedang dalam proses menunggu waktu yudisium. Lampirkan alamat lengkap, nomor telfon serta email yang sering digunakan. Hal ini untuk mempermudah apabila anda akan dihubungi nantinya.

Pendidikan

Latar berlakang pendidikan merupakan satu hal yang berpengaruh dalam melamar kerja. Mencatumkan pendidikan dalam surat lamaran kerja bukan sesuatu yang wajib. Karena pada curriculum vitae atau daftar riwayat hidup sudah dicantumkan lebih detail. Apabila kondisi anda sama dengan yang dicantumkan pada poin sebelumnya, maka disini anda dapat mencantumkan pendidikan terakhir dengan memberikan catatan bahwa belum resmi menyandang sarjana.

Pengalaman

Pengalaman magang dapat ditulis dalam surat lamaran kerja fresh graduate

Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. Menuliskan pengalaman dalam surat lamaran kerja juga menambah salah satu poin penilaian.  Bagian ini yang paling sering menjadi masalah bagi fresh graduate, karena belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Akan tetapi dapat diganti dengan pengalaman magang, pengalaman berorganisasi atau mengikuti kegiatan tertentu seperti pelatihan. Adapun pengalaman mengikuti lomba dan memenangkan juga dapat menggantikan poin ini. Maka dari itu, pelamar harus memberikan statement yang mampu meyakinkan pembaca bahwa pengalaman yang dimiliki juga tidak kalah dengan pengalaman kerja.

Kemampuan dan Hobi

Pada daftar riwayat hidup, tentunya pelamar telah mencantumkan kemampuan yang dimiliki serta hobi. Maka dari itu dalam penulisan surat lamaran kerja, hanya perlu menyebutkan kemampuan yang akan menjadi kelebihan anda dan berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Demikian pula dengan hobi.

Paragraph Penutup

Pada paragraph penutup, pelamar diharapkan membuat kata kata yang mampu memikat pembaca agar terkesan. Pada bagian ini juga tidak lupa mengucapkan maaf dan terimakasih. Adapula yang menambahkan kalimat untuk meminta dihubungi apabila ada informasi selanjutnya ataupun memberi sepatah duah patah kata harapan agar diterima. Sampaikan hormat serta nama dan tanda tangan anda.

Lampiran

Lampiran tidak termasuk dalam surat lamaran kerja. Hanya beberapa dokumen yang akan menjadi bentuk pembuktian tercantum. Untuk memasukan lampiran, dalam surat lamaran kerja harus ditulis apa saja berkas yang dilampirkan. Biasanya dalam surat lamaran kerja seorang fresh graduate, yang dilampirkan adalah:

  • Kartu identitas
  • Ijazah atau surat keterangan lulus
lampiran surat lamaran kerja
  • Transkrip nilai
  • Sertifikat pengalaman Daftar riwayat hidup

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *