Apakah pernah bermimpi bahwa buku ataupun karya yang sudah dibawa tingkat diterbitkan ? Banyak sekali para penulis pemula yang mengatakan, bahwa mereka ingin sekali melihat hasil karya yang telah dibuat sepenuh hati. Dipajang di sebuah toko buku dan diminati oleh banyak orang.

Namun keterbatasan informasi menyebabkan para penulis seringkali merasa bingung harus kemana karya mereka dikirim, dan juga bagaimana cara melakukan penerbitannya. Jangan bingung karena berikut ini ada 4 penerbit yang dapat membantu merilis hasil karya, yang telah kamu buat. Apa saja ?

1) Elexmedia

4 Penerbit yang Siap Membantu Kamu jadi Penulis Terkenal

Elexmedia merupakan penerbit populer pertama yang dapat kamu tuju, sebagai salah satu penerbit yang membantu mempromosikan serta merilis hasil karya kamu. Caranya juga sangat mudah pertama kamu harus menuliskan pesan online ke akun instagram resmi penerbit Elexmedia.

Kamu juga bisa mengirimkan hasil yang sudah kamu buat melalui email resmi. Setelah itu nantinya akan membantu membantu kamu, untuk mengisi semua formulir pendaftaran dan juga membantu mengkategorikan naskah yang telah dibuat.

Jika sudah selesai prosesnya tidak sampai situ saja karena nantinya elexmedia akan membantu melakukan seleksi, kepada para penulis yang memasukkan buku. Kemudian memastikan bahwa buku tersebut, sudah cocok dengan konsumen dan buku memiliki konten berkualitas.

2) Gramedia Penerbit Buku Utama

4 Penerbit yang Siap Membantu Kamu jadi Penulis Terkenal

Penerbit kedua datang dari Gramedia Penerbit Buku Utama, para penulis tentu sudah terbiasa untuk mendengar penerbit yang satu ini. Karena sangat populer dan seringkali membuka peluang untuk para penulis baru yang ingin mempromosikan hasil tulisan mereka kamu harus mengirimkan naskah terlebih dahulu dengan jumlah 100 hingga 200 halaman.

Setelah itu, nantinya penerbit akan menerima naskah yang telah kamu kirimkan melalui print out ataupun menggunakan email. Setelah itu jangan lupa cantumkan data diri dengan lengkap. Mulai dari nomor telepon, email, dan juga alamat pengirimannya.

Setelah itu gramedia menentukan kurang lebih waktu 3 bulan untuk menentukan, apakah naskah yang kamu kirim ternyata sudah lolos seleksi atau belum. Jika memang berhasil kamu akan dihubungi oleh tim Gramedia untuk melanjutkan kontrak rilis buku.

3) Grasindo

4 Penerbit yang Siap Membantu Kamu jadi Penulis Terkenal

Grasindo merupakan penerbit ke-3 yang bisa dipilih sebagai salah satu penerbit untuk mempromosikan atau pun merilis hasil karya kamu, bersedia menyediakan berbagai macam kategori naskah. Mulai dari fiksi anak nakal remaja hingga kumpulan cerpen.

Selain itu gresindo juga menerima naskah non fiksi, seperti pengembangan diri, psikologi, informasi traveling dan sebagainya. Sehingga ketika memilih untuk menggunakan grasindo sebagai target penerbit karya kamu. Maka kamu akan lebih mudah untuk memilih tipe dan naskah apa yang ingin kamu kirimkan. Apabila sudah yakin kirim melalui email dan jangan lupa sertakan kategori naskah.

Penerbit Grasindo akan membantu mengedit dan memberikan masukan untuk naskah yang telah kamu buat. Waktu yang dibutuhkan adalah dua bulan. Naskah yang tidak diterima tidak akan disimpan oleh Penerbit Grasindo dan akan dikembalikan, sehingga jangan khawatir disalahgunakan.

artikel terkait : 5 Persiapan Untuk Menjadi Penulis Profesional

4) Gagas Media

Buku terbitan Gagas Media terbaru, terlengkap dan paling murah ...

Penerbit populer lainnya adalah Gagas Media yang populer menerbitkan novel romantis remaja bahkan dewasa. Gagas Media juga berhasil menerbitkan banyak penulis dengan kualitas novel yang tidak sembarangan. Bahkan beberapa bukunya menembus berbagai kota di Indonesia.

Jika kamu tertarik maka bisa mengirimkan naskah ke Gagas Media adalah naskah sudah selesai dan dijilid rapi. Pemberitahuan mengenai nasib naskah apakah diterima atau ditolak akan diterima penulis antara 3 hingga 4 bulan kemudian. Jika tertarik, naskah dikirimkan dalam bentuk fisik ke Redaksi Gagas Media Jalan Haji Montong No. 57, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI 12630, ataupun melalui email.

5) Media Kita

Mediakita - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Setali dengan Gagas Media, penerbit Media Kita cocok sekali dengan penulis muda yang ingin mempromosikan karya yang telah ditulis. Terutama jika karya tersebut berkaitan dengan novel dan fiksi. Misalnya saja buku Boy Chandra yang populer dikalangan milenial, merupakan buku yang dirilis oleh Media Kita.

Jika tertarik, kamu bisa langsung mengirimkannya ke Redaksi Media Kita Jl. H. Montong No. 57 Jagakarsa Ciganjur, Jakarta Selatan, 12630 dalam bentuk fisik dan menunggu waktu kurang lebih 2 bulan saja untuk bisa mendapatkan informasi diterima atau tidak.


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *