Review buku merupakan suatu kegiatan memberi penilaian kepada salah satu buku. Kegiatan me-review buku bukan hal yang asing bagi para mahasiswa, khususnya yang berada di luar negeri. Biasanya review buku juga dilakukan oleh para siswa atau mahasiswa yang diberi tugas oleh guru maupun dosen. Akan tetapi ada juga beberapa pecinta buku yang melakukan review buku terhadap buku buku fiksi atau buku bacaan lainnya.

Mereview buku adalah memberi penilaian kepada buku tersebut dengan ulasan ulasan berdasarkan perspektif sang pembaca. Tujuan memberikan review buku diantaranya adalah memberi gambaran sekilas kepada orang yang ingin mengetahui tentang buku tersebut, menilai isi dari buku tersebut dan juga menjadi referensi bagi orang lain. Berikut ini adalah enam tips review buku yang dapat diikuti.

Baca juga: https://diginote.id/tips-menulis-artikel-seo-yang-mudah-dipahami-pembaca/

Identitas Buku

Sebelum review buku mulailah dengan mengetahui identitas dari buku tersebut pertama tama melihat sampulnya penerbit dan identitas penulis. Mengetahui identitas buku akan membantu membaca perspektif sang penulis. Selain itu juga dapat menjdi bagian dari penilaian. Identitas buku yang dapat dilihat adalah sampul, gambar yang digunakan, penulis, pesan penulis, quote, penerbit, dan tahun terbit. Apabila terdapat profil penulis, dapat menjadi salah satu poin penting untuk dibaca.

Skimming Buku

Setelah melihat identitas buku, mulailah mempelajari isi buku. Mempelajari isi buku tidak selamanya harus membacanya. Namun dapat dilkukan dengan metode skimming. Skimming merupakan suatu teknik membaca cepat namun tetap mengedepankan hal penting serta ide pokok yang ada dalam buku. Bagi mereka yang memiliki banyak waktu luang, dapat membaca keseluruhan buku. Akan tetapi jika yang di review adalah novel, maka skimming dapat menjadi pilihan.

Yang terpenting dari bagian ini adalah bagaimana sang reviewer dapat mengetahui, siapa tokohnya, apa karakternya, alur cerita, latar, puncak masalahnya hingga solusi. Meskipun dengan membaca atau skimming, poin diatas hrus dipahami oleh sang reviewer tanpa terlewatkan.

Framework

Dalam melakukan review, framework akan sangat membantu. Khususnya dalam membaca novel. Sebagaimana diketahui bahwa novel memiliki banyak bab serta sub bab. Untuk itu buatlah framework perbab dan mencatat poin penting. Sehingga reviewer akan mengetahui bagaimana keterkaitan antara bab atau sub bab satu dengan lainnya.

Dengan menggunakan framework, proses review lebih terbantu untuk menggurangi kesempatan terjadinya kehilangan atau kelewatan informasi. Pada framework juga dapat dibuatkan tokoh tokoh yang hadir pada setiap bab.

5W1H

5W1H merupakan bentuk pertanyaan yang akan membantu membuat review buku secara mendalam. Pertanyaan 5W1H terdiri dari what, why, where, when, who dan how atau apa, mengapa, dimana, kapan, siapa dan bagaimana. Usahakan tetap menerapkan 5W1H pada setiap poin penting yang ditemukan. Reviewer dapat mencantumkan pertanyaan. Berikut:

Pertanyaan 5W1H akan membantu proses review buku

Kejadian apa yang terjadi?

Mengapa kejadian tersebut terjadi? Menanyakan alasan.

Dimana kejadian tersebut terjadi? Menanyakan tempat.

Kapan kejadian tersebut terjadi? Menanyakan waktu dan moment.

Siapa saja yang terlibat dalam kejadian tersebut? Tokoh apa saja yang hadir ?

Bagaimana berlangsungnya kejadian tersebut? Menanyakan proses terjadi hingga penyelesaian kejadian tersebut

Dengan senantiasa mencantumkan pertanyaan tersebut maka sang reviewer akan dapat mendalami setiap kerjadian yang ada pada buku.

Note Review

Salah satu hal yang penting adalah membuat catatan. Membuat catatan terlihat sangat mudah namun akan dapat memastikan bahwa reviewer tidak akan melupakan satu informasi yang telah ia dapatkan. Membuat catatan dapat dilakukan dengan menggunakan handphone atau buku. If you were tidak perlu mencatat segala informasi yang ditemukan hanya butuh mencatat poin poin penting yang menjadi inti dari suatu informasi. Salah satu juga yang dapat dicatat adalah pertanyaan 5w1h yang ditemukan pada setiap kejadian. Note ini akan menjadi sangat penting pada akhir pengambilan keputusan atau proses penilaian.

Menulis catatan untuk review buku

Kesimpulan

Poin terakhir adalah menuliskan kesimpulan. Pada bagian ini, penulis akan menuliskan garis besar dari isi buku tanpa melakukan spoiler yang berlebihan, menuliskan tokoh serta karakter khususnya tokoh utama, dan memberikan penilaian berdasarkan pandangan reviewer. Misalnya berapa nilai buku yang diberikan dan alasan mengapa memberi nilai tersebut.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *