Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang memiliki bait, baris, irama dan rima. Karya sastra yang satu ini memiliki makna yang mendalam. Secara umum, puisi terdiri dari puisi lama dan puisi baru. Puisi lama adalah pantun dan syair, sedangkan puisi baru tidak terpaku pada ketentuan menulis puisi. Sehingga puisi baru biasanya lebih bebas dalam mempadu-padankan kata-kata.

Puisi cinta

Kini, sudah jarang ditemukan penyair yang menulis jenis puisi lama, khususnya para penyair muda baru. Kebanyakan dari mereka lebih menyukai puisi baru untuk mengungkapkan segala rasa yang ada dihati dan pikiran mereka. Menulis puisi dengan segala ketentuan yang ada tentu tidak mudah. Berikut ini adalah tips dalam menulis puisi yang wajib diketahui.

Mencari Inspirasi

Menulis puisi tidak semudah yang dibayangkan sebagaimana digambarkan sebelumnya. Hal pertama dan paling utama yang wajib dilakukan adalah mencari inspirasi. Inspirasi ini lah yang akan menentukan apa yang menjadi bahan tulisan untuk puisi tersebut. Sesungguhnya inspirasi dapat datang dari apa saja dan mana saja, bisa melalui subjek, objek ataupun benda mati lainnya.

Dalam mencari inspirasi, keadaan emosional seseorang harus stabil. Hal ini sudah diakui oleh penyair terkenal lainnya. Seorang penyair tidak boleh dalam keadaan marah, mengebu-gebu, terlalu bahagia apabila sedang mencari inspirasi. Hal ini berhubungan dengan pemilihan kata yang berlebihan. Apabila penulis dalam keadaan tidak stabil maka puisi akan terlihat monotone atau terlalu fokus pada rasa yang dirasakan penyair pada saat itu.

Inspirasi puisi

Untuk itu disarankan dalam mencari inspirasi, seseorang dapat melakukan ketika sedang sendiri atau sedang dalan kondisi relax. Sehingga inspirasi yang datang pun penuh ketenangan serta pemilihan ide dan kata untuk menulis menjadi lebih indah. Sebagai penulis atau penyair baru, mencari inspirasi dapat dilakukan pada hari minggu sore sambil duduk dibawah pohon pinggiran danau.

Mengembangkan Ide

Setelah menentukan topik yang akan ditulis, kemudian kembangkan ide tersebut. Dalam mengembangkan ide, dapat dilakukan dengan menulis pada buku catatan. Misalnya menulis ide ide yang ditemukan sebanyak apa pun, kemudian disaring satu persatu dengan kriteria sendiri. Mengembangkan ide diperlukan sudut pandang yang luas. Penulis akan menemukan sesuatu yang berbeda apabila memiliki sudut pandang yang luas.

Dalam hal mengembangkan ide, penulis atau penyair akan mengetahui bagaimana pola puisi yang akan ia tulis, bentuk perumpaan seperti apa yang akan ia gunakan, dan hal hal detail lainnya. Selain itu juga, penulis harus memastikan bahwa puisinya akan bersifat general jika di aplikasikan.

Tips penting dalam mengembangkan ide puisi adalah membaca syair puisi karya penulis lain. Akan lebih bagus apabila membaca syair penulis ternama seperti chairil anwar dan taufik ismail. Hal ini akan membantu penulis untuk mendapat sudut pandang yang berebeda serta mengenal penulisan puisi lebih dalam.

Baca juga: https://diginote.id/apa-itu-pramenulis-prewriting/

Mempelajari Unsur Puisi

Puisi lama memiliki beberapa aturan yang disebut dengan unsur puisi. Namun unsur puisi tidak berlaku pada puisi baru. Karena puisi baru lebih menekankan pada kebebasan menulis syair.

Unsur puisi lama memiliki syarat jumlah kata pada satu baris, jumlah baris dalam satu bait umumnya adalah 2 atau 4, puisi lama memiliki rima atau menggunakan sajak dalam pemilihan kata, selain itu juga memiliki irama yang akan menberikan kesan khusus bagi pembaca.

Diksi dan Rima

Diksi merupakan pemilihan kata yang digunakan dalam puisi. Penggunaan diksi menguji bagaimana kemampuan para penyair. Pemilihan kata yang dipilih oleh penyair tentu akan menjadi ciri khas bagi penyair itu sendiri. Sehingga para pembaca akan lebih mudah mengenal karkater penyair. Peran diksi dalam puisi sangat penting untuk meningkatkan daya imajinasi para pembaca. Apabila pemilihan diksi dilakukan secara tepat maka pembaca akan dengan mudah dapat mendalami puisi.

Rima merupakan bunyi atau irama dalam puisi. Meskipun dinamakan bunyi tapi rima yang dimaksud bukanlah music atau suara. Namun ini juga merupakan pemilihan kata dan penempatan kata dalam bait yang nantinya membentuk suatu irama apabila dibaca secara keseluruhan. Biasanya rima dibuat menggunakan kata kata yang memiliki akhirnya serupa dan jika dibaca akan menghasilkan intonasi yang serupa.

Demikian sedikit tips dari saya ekonovianto.id, dalam hal kepenulisan untuk SEO, dimana saya sendiri sudah berkecimpung lama dalam dunia jasa seo, khususnya jasa seo di semarang. Mari bersilaturahim melalui web personal saya, untuk berdiskusi lebih jauh mengenai SEO atau digital marketing. Selain seorang internet marketer saya merupakan bisnis owner di beberapa bidang bisnis seperti studio pelangi , sewa videotron, dan perusahaan digital yang membantu UMKM yaitu oke digital agency.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *