Kerjasama merupakan bentuk usaha antara individu ataupun dua kelompok yang berbeda dengan tujuan mencapai suatu tujuan bersama. Proposal kerjasama merupakan salah satu bentuk penawaran untuk melakukan tindakan kerjasama. Proposal ini biasanya ditemukan pada orang yang akan melakukan kegiatan. Berikut ini adalah cara menulis proposal kerjasama.

baca juga: https://diginote.id/menulis-artikel-akademik-berbasis-seo-ini-tipsnya/

Profil Acara

Latar Belakang

Latar belakang merupakan dasar atau titik tolak yang digunakan untuk memberikan pemahaman. Contoh latar belakang yang baik sebaiknya disusuh dengan jelas dan menyertai data serta fakta yang mendukung. Menuliskan latar belakang pada proposal kegiatan harus dijabarkan dari umum ke spesifik. Misalnya apabila akan diselenggarakan event 17 agustus, maka yang harus dijabarkan adalah sejarah kemerdekaan yang kemudian diarahkan pada peringatan 17 agustus.

Maksud dan Tujuan

Pada bagian ini, dicantumkan maksud dan tujuan mengadakan kegiatan. Biasanya satu kegiatan memiliki lebih dari satu tujuan dan maksud. Menyertakan maksud dan tujuan yang jelas akan mempengaruhi disetujui tidaknya kegiatan tersebut.

Nama dan Tema Kegiatan

Kerjasama dibutuhkan dalam membuat event

Nama kegiatan merupakan sebutan atau konsep yang menggambarakan kegiatan tersebut. Misalnya perayaan “75 tahun kemerdekaan republik indonesia desa suka maju”. Membuat nama kegiatan layaknya membuat judul, gramatika berbahasa harus diperhatikan. Nama kegiatan tidak boleh general, harus spesifik dan mendetail. Tema kegiatan merupakan apa hal yang diangkat pada kegiatan tersebut. Misalnya dalam acara 75 tahun kemerdekaan republik indonesia desa suka maju, temanya adalah mengenang jasa para pahlawan. Tema dan nama kegiatan merupakan dua hal berbeda.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu dan tempat kegiatan merupakan bentuk keterangan dari kegiatan yang akan diselenggarakan. Keterangan waktu menunjukan pada kapan kegiatan tersebut akan diselenggarakan, jam, tanggal, bulan dan tahun harus dicantumkan. Sedangkan tempat kegiatan merupakan lokasi dimana akan diselenggarakan kegiatan. Misalnya nama gedung.

Terget Peserta

Target peserta adalah siapa saja yang kira kira menjadi target utama tim untuk datang pada acara. Target peserta tidak boleh ditulis secara general. Meskipun tim nantinya tidak akan bisa memastikan siapa saja yang datang, namun setidaknya memiliki target utama.

Rangkaian Acara

Rangkaian acara merupakan detail acara dari awal hingga akhir. Biasanya juga disebut dengan rundown yang berisi tentang bagian dari acara mulai awal dimulai hingga selesai. Jangan lupa cantumkan waktu, tempat hingga deskripsi kegiatan. Dalam membuat rangkaian acara, terlebih dahulu dirapatkan dengan tim penyelenggara. Karena rangkaian acara yang disertakan dalam proposal kerjasama yang telah di fix kan. Ataupun tidak akan mengalami banyak perubahan.

Rancangan Anggaran

Rancangan anggaran merupakan dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan acara tersebut. Tidak perlu menuliskan secara detail, hanya butuh perhitungan yang bersifat kira kira. Menulis rancangan anggaran sebaiknya dibagi berdasarkan divisi tim agar lebih mudah.

Membuat rancangan anggaran merupakan tugas dari masing masing devisi. Rancangan anggaran sudah harus dibuat detail, mulai dari list barang yang dibutuhkan hingga harga barang tersebut. Dalam menuliskan harga barang, jangan pilih angka terendah namun pilih lah angka tertinggi untuk menghindari deficit. Atau bisa juga dikerjakan dengan mengalikan dua dari harga sesungguhnya.

Panitia Pelaksana

Bagian ini merupakan list nama dari tim penyelenggara. Menyusun panitia pelaksana sebaiknya berdasarkan posisi yang disematkan. Selain itu juga dicantumkan posisi apa yang sedang dipertanggungjawabkan.

Sponsorship

Menjalin kerjasama mendukung kesuksesan event

Sponsorship merupakan bagian dari penawaran kerjasama. Pada bagian ini tim penyelenggara akan memaparkan sejumlah kerjasama kepada partner. Selain memberikan penawaran, tim penyelenggara juga akan menyediakan beberapa pilihan tawaran kerjasama.

Dalam penawaran tersebut juga dideskripsikan keuntungan yang didapatkan oleh partner. Biasanya bentuk kerjasama diurutkan dari yang terbesar hingga terkecil. Semakin besar sponsor yang diberikan maka feedback yang didapatkan juga lebih besar.

Secara umum disebut dengan sponsor utama dan sponsor pendukung. Sponsor utama memberikan sponsor paling besar lebih dari 50%. Sedangkan sponsor pendukung kurang dari 50%. Adapun feedback yang diberikan dapat berupa promosi produk, mencantumkan logo dengan ukuran yang besar dan lain lain.

Penutup

Bagian penutup hanyalah pengantar untuk memberitahu pembaca bahwa cukup sekian dari proposal kegiatan tersebut. Adapun tambahan sepatah dua patah kata untuk membantu pembaca agar menyetujui proposal kegiatan


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *