Menulis Paper Jurnal Untuk Publikasi? Gampang

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, Jurnal memiliki arti catatan harian, surat kabar harian, buku catatan, buku transaksi dan majalah. Namun arti jurnal akademik yang dimaksudkan disini adalah kumpulan beberapa tulisan hasil penelitian yang dibukukan dalam satu cetakan. Dalam tulisan – tulisan tersebut, memiliki kesamaan dalam fokus studi atau pembahasan. Namun menulis paper jurnal memiliki banyak tantangan yang membuat para penulis menyerah diawal.

menulis paper jurnal

Untuk masuk ke jurnal akademik, sangat tidak mudah. Diperlukan usaha yang serius untuk melewati segala proses yang ada. Jurnal akademik pun memiliki peringkat atau rangking baik secara nasional maupun internasional. Biasanya para akademisi baik mahasiswa, dosen maupun peneliti mengincar publikasi Jurnal. Hal ini karena bisa menjadi nilai plus bagi mereka. Proses untuk masuk ke publikasi memerlukan beberapa kali review dan revisi. Jika tidak tertolak maka bisa publikasi. Berikut ini adalah beberapa tips menulis tulisan untuk untuk publikasi jurnal.

1) Konten

Pertama adalah konten. Konten yang dimaksudkan adalah apa topik yang akan dibahas pada tulisan tersebut. Biasanya topik akan dipilih sesuai dengan fokus bidang penulis. Selain topik, penulis juga harus menyiapkan kerangka untuk jurnal. Beberapa poin pembahasan yang selalu ada dijurnal diantaranya:

Baca juga: https://diginote.id/menulis-artikel-akademik-berbasis-seo-ini-tipsnya/

  • Abstrak

Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan isi tulisan yang memiliki batasan kata sampai 250 kata. Dalam abstrak juga tertera kata kunci.

  • Pendahuluan

Dalam bagian pendahuluan biasanya berisi tentang akar masalah yang akan dibahas.

  • Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian menanyakan apa alasan dibalik penelitian tersebut. Hal ini berkaitan dengan pertanyaan penelitian yang ada pada bagian pendahuluan.

  • Kerangka Teori

Kerangka teori merupakan kumpulan teori dan konsep yang disatukan membentuk suatu kesatuan.

  • Tinjauan Pustaka

Tinjauan pusataka merupakan hasil review tulisan-tulisan terkait atau penelitian sebelumnya.

  • Pembahasan

Pada bagian pembahasan, penulis akan mengumpulkan semua temuan dari penelitian dan dibahas berdasarkan kerangka teori yang dibuat. Alur pembahasan mengikuti kerangka teori yang digambarkan sebelumnya.

  • Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan, penulis hanya perlu menjawab pertanyaan penelitian sesuai dengan hasil pembahasan.

  • Saran

Saran adalah masukan yang diberikan oleh penulis. Biasanya dalam penulisan paper akademik dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan subjek yang dituju.

  • Referensi

Referensi merupakan sumber-sumber yang menjadi bahan dari seluruh tulisan penelitian.

2) Referensi

Dalam memilih sumber juga harus kredibel. Seperti hasil penelitian atau publikasi dan buku akademis. Sumber yang tidak kredibel biasanya akan menjadi permasalahan publikasi jurnal. Misalnya Wikipedia dan blogspot. Referensi yang baik adalah yang memiliki kutipan dari 40% buku dan 60% jurnal yang terbaru antar 10 tahun sebelumnya.

Penulisan referensi dapat dilakukan melalui dua cara yaitu body note dan foot note. Body note adalah mencantumkan nama akhir penulis sumber dan tahun terbit pada kutipan langsung setelah kalimat kutipan. Sedangkan footnote dilakukan dengan memberikan penomoran dan menulisankan sumber pada bagian footer lembar kerja.

3) Plagiarism

Plagiarism merupakan kata lain dari penjiplakan atau pengambilan karangan. Dalam menulis tulisan untuk publikasi jurnal, biasanya plagiarism sangat ketat. Usahakan tulian yang di kumpulkan memiliki persentase plagiat kurang dari 20%. Sangat mudah untuk mencegah terjadinya plagiarism yaitu dengan cara paraphrase tulisan dan tidak mengutip langsung tulisan orang lain. Meskipun telah melakukan paraphrase, sumber tetap harus dicantumkan.

cek plagiat

4) Teori

Memiliki makna serangkaian variable yang memberikan penjelasan mengenai hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Teori ditemukan oleh para peneliti terdahulu. Apabila suatu kutipan tidak berisi lebih dari satu variabel maka dinamakan konsep. Dalam tulisan akademik, penggunaan konsep maupun teori tidak ada yang salah. Akan tetapi penggunaan teori lebih memudahkan karena sudah terdapat hubungan sebab akibat yang akan membantu menjawab pertanyaan penelitian.4

4) Tinjauan Pustaka

Penulis harus mencari hasil penelitian yang memiliki kesamaan dengan penelitian yang sedang dijalani, mulai dari kesamaan subjek dan objek yang diteliti dan kesamaan teori yang digunakan. Dalam tinjauan pustaka, penulis akan melakukan sedikit review dan menuliskan perbedaan dari penelitian tersebut dengan penelitian yang sedang penulis laksanakan.

Demikian beberapa tips penting dalam menulis tulisan untuk publikasi jurnal. Semoga membantu ?

Demikian sedikit tips dari saya ekonovianto.id, dalam hal kepenulisan untuk SEO, dimana saya sendiri sudah berkecimpung lama dalam dunia jasa seo, khususnya jasa seo di semarang. Mari bersilaturahim melalui web personal saya, untuk berdiskusi lebih jauh mengenai SEO atau digital marketing. Selain seorang internet marketer saya merupakan bisnis owner di beberapa bidang bisnis seperti studio pelangi , sewa videotron, dan perusahaan digital yang membantu UMKM yaitu oke digital agency.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *