Dewasa kini, perkembangan tekhnologi semakin meningkat jauh. Orang-orang mencari segala sesuatu melalui mesin pencarian, karena lebih mudah. Tak jarang kini ditemui orang orang yang mengembangkan blog pribadinya dan menghasilkan uang dari blog tersebut. Tujuan dari pengembangan blog pribadi adalah sebagai bentuk membagikan informasi tertentu. Berikut ini adalah beberapa tips menulis blog pribadi:

1) Buat Blog

Hal yang pertama dan paling utama sebelum menulis blog adalah membuat blog. Membuat blog kini sangat mudah dan bahkan gratis. Penulis bebas memilih apakah blog yang dikembangkan merupakan blogspot, blogger ataupun wordpress.

Dalam membuat blog dibutuhkan email aktif. Penulis akan diarahkan membuah username dan password sebagai kunci masuk ke blog tersebul. Yang perlu disiapkan lainnya selain email, username dan password, yaitu nama blog dan tampilan standard. Blog ini nantinya bisa diatur tampilan yang menarik bagi pembaca.

2) Tema dan Tampilan

Tema dan tampilan merupakan salah satu faktor pendukung. Namun hal ini sebaiknya dibuat setelah membut blog. Tema dan tampilan dibuat menyesuaikan dengan konten utama dari blog penulis. Misalnya, apa hal hal yang akan dibahas pada blog tersebut sehingga penulis lalu menyesuaikan dengan tampilan.

Contohnya, apabila blog tersebut akan membahas seputar kecantikan maka membuat tema dengan warna pink atau terdapat hiasan kosmetik.

Tema Blog

3) Konten

Buatlah konten yang akan diisi pada blog tersebut. Meskipun penulis belum memiliki banyak tulisan untuk dipost, setidaknya ada 1 post yang siap untuk post dan beberapa judul postingan. Hal ini agar membantu penulis menjadi lebih giat dalam menulis. Tentukanlah konten apa saja yang akan di post. Apabila masih ragu, maka penulis bisa melakukan riset terlebih dahulu atas konten apa yang banyak diminati pembaca.

Baca juga: https://diginote.id/tips-menulis-artikel-seo-yang-mudah-dipahami-pembaca/

4) Target Pembaca

Tentukan juga target pembaca. Target pembaca berhubungan erat. Mengapa penulis perlu menentukan siapa target pembacanya? Karena dengan begitu maka konten yang dibuat juga tidak akan out of topik. Selain itu juga akan berhubungan dengan bahasa yang digunakan.

Target pembaca dapat berupa, semua orang (semua umur), anak-anak, siswa sd, siswa smp, siswa sma, akademisi, orang tua, remaja, diatas 17 tahun, laki-laki, perempuan dan lain lain.

Contoh: konten tentang mata pelajaran maka target pembaca adalah siswa, konten parenting maka targetnya adalah orangtua, konten kecantikan dengan target pembaca adalah kaum perempuan.

Target pembaca blog

5) Bahasa yang Digunakan dalam Menulis Blog

Bahasa yang digunakan berhubungan langsung dengan kenyamanan pembaca. Tentu juga berkaitan dengan target pembaca. Apabila target adalah akademisi maka sebaiknya gunakan bahasa formal.

Bahasa yang digunakan dapat berupa bahasa Indonesia atau bahasa asing (bahasa inggris, mandarin atau arab). Sedangkan dalam bahasa Indonesia dapat berupa bahasa yang formal atau informal.

Penentuan bahasa yang sesuai dengan target pembaca maka hasilnya adalah jumlah pembaca blog yamg semakin meningkat.

6) Konsistensi

Konsistensi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan blog pribadi. Mengapa demikian? Hal ini untuk menjaga eksistensi dari blog tersebut dalam waktu yang lama. Konsistensi yang terjaga dengan baik akan menghasilkan penghasilan yang baik yaitu adsense.

Konsistensi adalah bagaimana sang penulis mampu bertahan membangun blog pribadinya. Mulai dari rajin mengunggah konten, konten berkualitas, konten tetap pada tema yang ditentukan sejak awal. Inti dari konsistenasi adalah bagaimana blog tetap on track.

Dalam menjaga konsistensi, penulis membutuhkan kegigihan yang mendalam. Penulis wajib memiliki strategi tersendiri agar tetap rajin menambah konten berkualitas setiap waktu. Semakin banyak konten maka semakin banyak pembaca atau peminat.

7) Link

Link merupakan sesuatu yang penting bagi blog website yang berfungsi untuk menghubungkan dari satu konten ke konten lainnya. Dengan adanya link, maka konten lain dari blog pribadi Anda juga memiliki kesempatan untuk dikunjungi. Satu hal yang harus diingat adalah memiliki internal link berlaku bagi yang memiliki lebih dari satu artikel dalam blog tersebut. Keberadan link akan menambah skor seo blog tersebut. Maka dari itu akan lebih baik jika menyediakan lebih dari satu artikel lalu membuat link antar artikel.

Demikian sedikit tips dari saya ekonovianto.id, dalam hal kepenulisan untuk SEO, dimana saya sendiri sudah berkecimpung lama dalam dunia jasa seo, khususnya jasa seo di semarang. Mari bersilaturahim melalui web personal saya, untuk berdiskusi lebih jauh mengenai SEO atau digital marketing. Selain seorang internet marketer saya merupakan bisnis owner di beberapa bidang bisnis seperti studio pelangi , sewa videotron, dan perusahaan digital yang membantu UMKM yaitu oke digital agency.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *