Pernahkah kalian membaca artikel tentang fakta fakta yang ada di dunia? Tentu hal tersebut adalah salah satu pembahasan yang sangat seru. Karena akan menambah pengetahuan seseorang dan juga terasa sangat mudah untuk diterima. Namun ternyata menulis artikel tentang fakta fakta yang ada di dunia tidak semudah yang dibayangkan. Karena penulis harus melakukan riset serta mencari tahu segala informasi dari berbagai belahan dunia. Namun yang menjadi poin utama adalah artikel tentang fakta fakta selalu menarik minat pembaca. Berikut ini beberapa cara menulis artikel tentang fakta fakta.

Baca juga: https://diginote.id/cara-membuat-artikel-yang-menarik/

Pilih Topik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih topik. Topik merupakan pembahasan utama yang akan di bahas pada artikel tersebut. Dalam memilih topik biasanya penulis harus pandai untuk memilah dan memilih. Topik yang ditulis harus disusun sedemikian rupa hingga unik dan menarik minat pembaca. Selain itu pembahasan mengenai peristiwa yang sedang viral juga akan menjadi poin tambahan. Misalnya pada era pandemi covid ini, topik yang dibahas adalah fakta fakta negara asia tenggara dalam menangani covid.

Melakukan Riset

Melakukan riset untuk menulis artikel tentang fakta unik

Melakukan riset, tidak hanya dilakukan dengan membaca buku atau artikel namun harus juga dilakukan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hal ini agar berita yang ditampilkan memiliki kredibilitas yang tinggi. Usahakan untuk tidak mengutip dari sumber berita lainnya. Dalam melakukan riset, penulis harus mencatat hal hal yang dianggap penting. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat outline 5w1h yaitu web, who, where, when, why, dan how.    

Riset mengenai fakta fakta membutuhkan banyak sumber. Hal ini karena selain mengungkap fakta, isi dari artikel tersebut juga harus berbeda dari lainnya. Pililah sumber yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi biasanya website pemerintah, hasil penelitian, atau tulisan berdasarkan pengujian.

Menulis Isi Artikel

Selanjutnya adalah menulis isi artikel. Biasanya dalam penulisan fakta fakta akan dibagikan ke dalam beberapa poin, contohnya fakta satu berbeda dengan fakta dua. Menulis isi artikel pertama tama adalah membahas satu persatu fakta yaitu dengan memaparkan mengapa bisa terjadi, kapan peristiwa itu terjadi, bagaimana terjadi peristiwa tersebut, adakah tokoh yang terlibat atau sup jek lainnya, dan di mana peristiwa tersebut terjadi. Pastikan bahwa sumber dari isi artikel tersebut berbeda beda atau lebih dari lima sumber. Semakin banyak sumber yang dibaca maka semakin banyak informasi unik dan menarik lainnya untuk ditayangkan.

Pemilihan bahasa biasanya digunakan bahasa informal. Penulis menggunakan metode descriptive atau narasi untuk menceritakan kepada pembaca. Tulislah seakan akan penulis sedang mendongeng, agar pembaca merasa nyaman untuk membaca lebih lanjut. Pemilihan kata juga menentukan kenyamanan serta minat pembaca untuk membaca lebih lanjut. Pililah kata kata yang seakan akan penulis dan pembaca tidak memiliki jarak yang terlalu jauh. Gunakan kalimat kalimat yang bersifat akrab antara satu dengan lainnya. Cobalah untuk membuat pembaca merasa penasaran pada bagian akhir dari tiap fakta. Hal ini menjadi interlude yang akan membuat pembaca semakin penasaran dan menambah keinginan untuk tetap membaca.

Menyusun Isi Artikel

isi artikel benar benar fakta yang terjadi di dunia

Setelah menulis isi artikel, kemudian baru disusun satu persatu. Pililah fakta yang paling menarik untuk diletakkan pada bagian akhir. Sehingga grafik dari fakta pertama ke fact that terakhir menjulang tinggi yang tentunya akan membuat para pembaca merasa penasaran dan tidak meninggalkan artikel tersebut secara tiba tiba.

Kesimpulan

Pada bagian akhir biasanya penulis akan menutup dengan sepatah dua patah kata mengenai topik yang dibahas. Adapun sedikit kesimpulan yang dipaparkan oleh penulis dan didapatkan berdasarkan hasil riset topik tersebut. Kesimpulan yang dipaparkan tidak perlu panjang lebar, yang penting singkat padat dan jelas.

Contoh

Berikut ini beberapa judul yang bisa menarik perhatian pembaca

  • 10 fakta tentang gunung terangker di indonesia
  • Fakta mengenai kisah cinta bapak proklamator indonesia
  • Negara negara dengan adat istiadat yang serupa
  • Kisah kisah pembunuhan tragis di dunia
  • Fakta mengenai idol korea
  • Fakta unik mengenai bulan ramadhan di indonesia
  • Lima rumah termewah di dunia
  • Tiga orang terkaya di indonesia
  • Tujuh pekerjaan dengan gaji tertinggi di indonesia
  • Fakta mengenai negara negara yang pernah berseteru dengan indonesia
  • Prestasi prestasi indonesia yang pernah mencengangkan dunia

Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *