Dewasa kini menjadi seorang pekerja yang produktif bukanlah hal yang mudah sehingga banyak orang yang putus asa dan menjadi pengangguran. Mencari pekerjaan memang butuh perjuangan yang tidak sembarangan namun anda tetap bisa menjadi menjadi seorang pekerja freelance. Salah satunya adalah menjadi penulis atau menulis menggunakan pengalaman pribadi.

Terdapat berbagai macam jenis penulis mulai dari penulis buku, penulis cerita,  penulis artikel dan lain lain. Yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh siapa pun adalah menjadi penulis artikel dengan menggunakan pengalaman pribadi. Yang dimaksudkan dengan pengalaman pribadi adalah bagaimana mengubah pengalaman pribadi menjadi suatu cerita atau artikel yang berguna bagi para pembaca. Mau tahu caranya? Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghasilkan pundi rupiah dari hasil tulisan pengalaman pribadi

Pilih Jenis Tulisan

Pertama tama adalah dengan memilih jenis tulisan yang akan ditulis. Apakah menulis cerpen atau artikel tips dan trik atau novel atau pilihan sastra lainnya. Terdapat banyak sekali jenis tulisan yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan penulis itu sendiri.

Menulis pengalaman pribadi

Setelah memilih jenis tulisan yang akan ditulis, kemudian penulis mulai mencari inspirasi dan mengembangkan ide cerita yang yang akan ditulis. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat riset jenis tulisan yang akan ditulis lalu mengulik pengalaman yang pernah dialami yang kira kira cocok untuk dijadikan karya. Setelah itu mulai dilanjutkan dengan mengembangkan ide cerita tersebut menjadi suatu karya yang utuh sebagaimana mestinya.

Baca juga: https://diginote.id/tips-menulis-artikel-seo-yang-mudah-dipahami-pembaca/

Mencari Pasar

Kedua adalah mencari pasar di mana hasil karya tersebut dapat dijual atau menjadi rupiah. Terdapat berbagai macam jenis website yang bersedia membeli hasil tulisan para penulis. Tak tanggung tanggung hal tersebut pun dibayar dengan upah yang cukup besar hingga ratusan ribu rupiah

Menjual di situs basa basi. Situs ini menerima berbagai jenis tulisan mulai dari puisi, cerpen, esai, rehal dan hibernasi. Situs tersebut juga tidak memberikan ketentuan karya yang di tulis hanya saja terdapat beberapa standar penilaian seperti format tulisan. Tulisan yang dikumpulkan kemudian akan dinilai lalu dipilih apa yang pantas untuk ditayangkan. Setelah itu situs tersebut akan mengirimkan upah dari hasil karya penulis. Poin penting dari situs basa basi adalah penulis tetap berhak atas karyanya yang mana hak cipta tidak di rubah dan menyertakan nama penulis pada karya tersebut

           Menulis pada situs freelance seperti projekt dan sribulancer. Pada situs ini biasanya penulis tidak memiliki keleluasaan yang tinggi karena bersifat kerja sama. Situs tersebut menjadi media untuk menyatukan orang yang membutuhkan jasa dan orang yang menyediakan jasa. Biasanya jasa penulis termasuk salah satu yang paling banyak dibutuhkan. Disini penulis akan diberikan kesempatan untuk melakukan penawaran atas jasa yang ia miliki. Kemudian ia harus menunggu hingga tawarannya diterima. Apabila tawaran diterima maka penulis biasanya menulis permintaan tulisan yang telah ditawarkan sebelumnya sehingga penulis memiliki kesempatan untuk menggunakan pengalaman pribadinya sebagai bahan tulisan tersebut.

Menjual Hasil

Setelah menemukan pasar untuk menjual hasil karya tulisan. Ini penulis dapat melakukan penjualan hasil karya. Apabila penulis akan menjual pada website yang telah disebutkan di atas, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun pada website tersebut. Setelah itu mengunggah hasil tulisan kecuali pada website freelance.

Pada website freelance penulis harus melakukan tawar menawar dengan pembeli terlebih dahulu untuk mengetahui jenis tulisan yang menjadi permintaan pembeli tersebut. Pada situs basa basi setelah mengunggah hasil tulisan penulis hanya perlu menunggu hasil review oleh editor, kemudian apabila diterima maka uang akan ditransfer. Namun pada situs freelance biasanya setelah menyelesaikan pekerjaan dan sesuai dengan permintaan pembeli baru penulis mendapat bayaran.

website

Ada satu lagi yang dapat menjadi tempat merubah hasil karya menjadi pundi rupiah yaitu dengan membuat blog pribadi. Namun penulis harus memahami konsekuensinya yaitu membutuhkan waktu yang lama agar dapat monetasi dan diperlukan konsistensi dalam menulis. Adapun search engine optimization yang wajib diikuti seluruh standardnya agar dapat menduduki peringkat pada mesin pencarian.

Demikian sedikit tips dari saya ekonovianto.id, dalam hal kepenulisan untuk SEO, dimana saya sendiri sudah berkecimpung lama dalam dunia jasa seo, khususnya jasa seo di semarang. Mari bersilaturahim melalui web personal saya, untuk berdiskusi lebih jauh mengenai SEO atau digital marketing. Selain seorang internet marketer saya merupakan bisnis owner di beberapa bidang bisnis seperti studio pelangi , sewa videotron, dan perusahaan digital yang membantu UMKM yaitu oke digital agency.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *