Komik merupakan salah satu bagian dari seni yang menggunakan gambar. Gambar- gambar tersebut kemudian disusun hingga membentuk suatu jalinan cerita. Gambar dalam komik menggambarkan narasi cerita sehingga tidak perlu adanya deskprisi yang panjang. Komik biasanya dicetak dan diterbitkan dalam bentuk buku, namun seiring berkembangnya teknologi maka komik kini sudah tersedia dalam bentuk digital. Dalam pembuatan komik, membutuhkan gaya dan aliran komik.

Untuk menulis Komik membutuhkan gaya penulisan. Selain gaya penulisan,  aliran juga akan menjadi aspek yang menentukan menarik tidaknya komik tersebut bagi para pembaca. Untuk memilih gaya dari komik itu sendiri, penulis dapat menyesuaikan dengan narasi tema serta nada yang telah disiapkan untuk komik tersebut.

Baca juga: https://diginote.id/menulis-cerpen-horor-terseram-ini-tipsnya/

Terdapat beberapa gaya komik yang dapat dipilih, yaitu gaya anime atau manga, sprites atau clip art, stick figures, American superhero, noir, Sunday funnies. Namun pada umumnya gaya penulisan komik terdiri dari tiga yaitu gaya kartun, semi kartun dan gaya nyata. Di Indonesia berkembang dua jenis aliran utama komik modern. Aliran tersebut dikenal dengan aliran amerika dan aliran jepang. Berikut ini adalah gaya dan aliran komik yang patut diketahui.

Gaya Komik

Gaya Kartun

Yang pertama adalah gaya kartun. Komik jenis ini memiliki karakter gambar yang lucu. Kartun diartikan sebagai gambar yang lucu. Dalam membuat jenis komik kartun biasanya penulis lebih bebas untuk berkreasi sesuai dengan imajinasinya. Tidak ada ketentuan yang jelas mengenai tokoh yang akan digambarkannya.

Contohnya adalah komik Tintin, komik Disney, komik manga seperti Doraemon dan shinchan, dan beberapa Comic Indonesia seperti meja, tahi lalat, nopal, si Juki dan Soekirman.

Gaya Semi Kartun

Gaya komik semi kartun

Kedua adalah komik jenis setengah kartun dan setengah nyata. Komik jenis ini merupakan penggabungan antara gambar yang lucu dan gambar yang sesuai dengan kenyataan atau realis. Biasanya jenis anatomi pada karakter terlihat menyerupai anatomi manusia. Meskipun kadang bentuk karakter mukanya yang akan dibedakan. Karakter karakter tersebut memiliki anatomi seperti manusia dengan bentuk tubuh yang sempurna namun memiliki wajah yang berbeda.

Contoh komik jenis ini adalah komik Marvel dan diisi, komik Naruto, Detektif Conan, one piece, setan jalanan, Grey dan Jingga.

Gaya Nyata

Komik nyata. Jenis komik ini sangat jarang ditemui. Hal ini karena karakter yang digambarkan memiliki gaya, anatomi, postur tubuh, wajah dan ras seperti manusia Seutuhnya. Selain jarang ditemui, untuk menggambar visual dari komik ini membutuhkan ke ahlian dengan ditel yang sangat baik. Karena gambar yang dihasilkan harus menyerupai asli atau manusia.

Aliran Komik

Aliran Amerika

Aliran komik amerika bergaya superhero

Pembuatan komik berdasarkan aliran amerika, merupakan salah satu style yang berkiblat pada komik keluaran amerika. Diantaranya adalah komik superhero bergaya semi nyata. Genre pada aliran komik amerika adalah genre superhero. Komik jenis aliran amerika umumnya dapat pertahan lama di pasaran atau memiliki eksistensi yang tinggi. Hal ini karena komik yang menggunakan aliran amerika memiliki sekumpulan cerita yang tidak berkesinambungan satu sama lain. Salah satu contohnya adalah dalam penulisan komik DC atau marvel yang mana tidak berbentuk serial atau berurutan. Kebanyakan dari komik dibuat berdasarkan tokoh tokoh dalam komik tersebut. Sehingga komik aliran amerika umumnya lebih mudah menarik perhatian serta tidak membosankan.

Aliran Jepang

Selain aliran amerika, aliran Jepang juga merupakan komik yang cukup terkenal. Dikenal dengan nama manga, komik aliran jepang bergaya kartun dan semi kartun. Di Indonesia, para komikus yang menggunakan aliran jepang kebanyakan menyamarkan namanya. Genre komik beraliran jepang sangat variatif yaitu seperti kehidupan sehari hari, detektif, olahraga hingga cerita romantis. Meskipun memiliki genre yang lebih luas, komik aliran jepang memiliki cerita yang berkesinambungan antara satu dengan yang lain. Dalam seri satu dengan yang lainnya bersifat saling terikat atau bersambung sehingga para pembaca harus mengikuti dari satu dengan lainnya agar memahami betul.

aliran komik jepang atau yang disebut dengan manga

Demikian beberapa gaya dan aliran komik yang umum untuk diketahui. Gaya dan aliran komik diatas adalah yang biasanya digunakan para komikus, tidak terkecuali bagi komikus Indonesia.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *