Secara Umum, Film merupakan media komunikasi yang berbentuk audio serta visual dan ditayangkan dengan maksud untuk menyampaikan pesan kepada para penonton. Menurut Kridalaksana (1984), film adalah salah satu alat media massa yang bersifat audio visual atau dapat dilihat serta dapat didengar demi mencapai khalayak banyak. Biasanya sebelum menonton film, orang orang akan mulai mencari review film untuk melihat sedikit ulasan. Sehingga review film memiliki peran penting. Berikut ini adalah tips membuat review film.

Nonton Beberapa Kali

Pertama adalah tontonlah film yang akan direview tersebut sebanyak beberapa kali hal ini bertujuan untuk memahami isi dari cerita yang ada pada film tersebut apabila some Reviewer telah mengetahui alur cerita maka dapat ditonton hanya dengan dua atau tiga kali namun ketika ditel informasi dari film tersebut belum dipahami betul maka sebaiknya Tontonlah berulang ulang kali unsur unsur yang harus dipahami pada saat menonton film adalah siapa tokoh yang berperan apa karakternya alur ceritanya permasalahan solusi dan akhir dari cerita tersebut selain itu yang terpenting adalah bagaimana pesan yang disampaikan dari film tersebut. Dengan menonton beberapa kali makA reviewer akan lebih memahami betul isi dari film tersebut.

5W1H

5W1H merupakan bentuk pertanyaan yang akan membantu membuat review film secara mendalam. Pernyataan 5W1H terdiri dari what, why, where, when, who dan how atau apa, mengapa, dimana, kapan, siapa dan bagaimana. Usahakan tetap menerapkan 5W1H pada setiap poin penting yang ditemukan. Reviewer dapat mencantumkan pertanyaan. Berikut:

Menyertakan 5W1H dapat membantu review film

Apa inti dari cerita yang ada dalam film?

Dimana setting pada adegan yang ditayangkan?

Kapan (latar waktu) yang ada dalam tayangan?

Siapa saja actor yang berperan dalam film?

Bagaimana pesan yang coba disampaikan produser kepada pada penonton?

Dengan senantiasa mencantumkan pertanyaan tersebut maka sang reviewer akan dapat mendalami setiap adegan yang ditayangkan dalam film tersebut.

Pendapat Reviewer

Poin ketiga adalah mengutarakan pendapat pribadi. Sebagai reviewer sebagai penonton. Anda bebas mengekspresikan feeling Anda atau pendapat yang dirasakan ketika menyaksikan visual film. Sedih, senang, terharu, marah atau apapun merupakan bentuk ekspresi yang dapat dikeluarkan.

Akan tetapi berikan pendapat yang bersifat objektif atau isi dr film itu sendiri. Sebaiknya pendapat yang diberikan tidak menyerang tokoh atau produser yang bersifat pribadi atau subjektif. Etika dalam memberikan pendapat juga perlu dipertimbangkan, berikan pendapat sebagaimana mestinya. Jangan berlebihan memberikan pendapat jika tidak dapat dibuktikan.

Baca juga: https://diginote.id/suka-duka-menulis-review/

Tidak Spoiler

Jangan memberikan bocoran ketikan review film

Keempat adalah reviewer harus mengusahakan agar tidak spoiler atau memberikan bocoran film. Meskipun Reviewer telah menonton film tersebut lebih dari satu kali namun sangat dilarang untuk menjelaskan secara detail mengenai bagaimana film tersebut berjalan yang dapat dilakukan hanyalah memberikan gambaran umum mengenai film tersebut tentang apa apa permasalahan siapa ya yang memerankan dengan karakter apa atau poin poin penting lainnya. Mengapa Reviewer tidak dapat memberikan spoiler karena para pembaca belum tentu sudah menonton atau belum menonton film maka dari itu biarkan mereka tetap menonton dan membaca review hanya untuk sekedar mengetahui ulasan Anda.

Kritik

Sebagai seorang reviewer, Anda memiliki hak untuk menjustifikasi film tersebut. Justifikasi yang dapat dilakukan adalah:

Bagaimana tindakan tokoh atau karakter dalam actingnya?

Apakah para tokoh sudah totalitas atau masih kurang?

Adakah beberapa kata, pikiran, atau tindakan berdering salah?

Apakah alurnya masuk akal atau logis?

Bagaimana cinematographynya?

Apakah ceritanya menarik? ataukah cerita tersebut mudah ditebak?

Bagaimana pemilihan latar ? sudah tepat atau belum?

Apakah suasana serta gambaran sudah pas?

Apakah pesan yang terkandung baik atau tidak?

Dan masih banyak lagi.

Rating

Memberikan Rating Film

Bagian terakhir dan menjadi inti adalah memberikan penilaian atau yang disebut dengan rating. Dalam memberikan rating atau penilaian, biasanya reviewer akan memberi penjelasan mengapa memberikan rating tersebut. Tingkatan rating yang biasanya diberikan adalah bagus atau tidak bagus, rekomendasi atau tidak direkomendasikan untuk ditonton. Memberikan rating serta ulasan akan menjadi dasar informasi bagi para pembaca. Maka dari itu reviewer harus dapat memastikan kebenaran informasi dengan cara tetap teliti mengulas informasi.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *