Komik merupakan salah satu media berupa tulisan yang disandingkan dengan gambar. Dengan komisi seseorang dapat mengekspresikan ide ide dalam pikiranya dengan bentuk gambar. Dalam membuat komik seringkali digunakan perangkat teks tual seperti keterangan, onomatope, balon ucapan dan lain lain yang menunjukkan adanya narasi dialog efek suara atau informasi lainnya pada visual. Dalam penulisan komik kartun seringkali menjadi pilihan bentuk ilustrasi atau visual dari teks tersebut.

Komik telah ada sejak jaman prasejarah salah satu contohnya adalah lukisan gua lascaux. Namun baru benar benar mulai berkembang di kawasan amerika dan eropa serta jepang pada pertengahan abad kedua puluh. Salah satu bentuk komik yang digunakan di negara jepang disebut dengan manga atau kartun jepang. Komik juga memiliki sejarah yang dijadikan sebagai karya homer pada koran amerika.   Dengan komik seseorang dapat merasakan berbagai macam rasa seperti tertawa, sedih, bersemangat atau bentuk emosi lainnya.  Untuk membuat komik berikut ini adalah beberapa tips nya:

Mencari Ide Dalam Membuat Komik

Dalam menemukan ide komik dibutuhkan sebuah riset yang mana mencari jenis komik apa yang akan ditulis. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mencari komik komik yang telah diterbitkan sebelumnya lalu review. Setelah menemukan ide dari komik tersebut, penulis kemudian mengembangkan narasi dari cerita. Usahakan rajian dibuat tidak panjang agar memudahkan dalam proses membuat visual gambar. Umumnya narasi pada komik tidak sulit atau hanya narasi pendek. Namun visual pada gambar yang ditampilkan akan sangat membantu agar narasi tersebut menjadi lebih berarti.

Tentukan Dasar Komik

Layaknya sebuah cerita, membuat komik juga memiliki dasar dasar yang harus di ikuti. Hanya saja komis memiliki tambahan visual berupa gambar. Dalam menuliskan komik menentukan dasar dari komik itu sendiri adalah sesuatu yang penting. Dasar dasar yang dimaksud adalah latar belakang, karakter, konflik, tema, dan nada.

Gaya Dalam Membuat Komik

Membuat komik bergaya amerika

Untuk membuat komik juga membutuhkan gaya penulisan. Selain gaya penulisan gaya siswa juga akan menjadi aspek yang menentukan menarik tidaknya komik tersebut bagi para pembaca. Untuk memilih gaya dari komik itu sendiri, penulis dapat menyesuaikan dengan narasi tema serta nada yang telah disiapkan untuk komik tersebut. Terdapat beberapa gaya komik yang dapat dipilih, iya itu gaya anime atau manga, sprites atau clip art, stick figures, american superhero, noir, sunday funnies. Namun pada umumnya gaya penulisan komik terdiri dari tiga yaitu gaya kartun, semi kartun, dan gaya nyata.

Menyiapkan Alat Menggambar Komik

Untuk menggambar komik juga membutuhkan suatu ke ahlian yang khusus. Selain ahli dalam menggambar juga harus memiliki alat alat yang memadai. Diantaranya adalah:

  • Sketchbook merupakan lembaran kertas putih kosong dengan ketebalan tertentu yang biasa digunakan untuk menggambar. Sketchbook memiliki ukuran yang bervariasi, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan penulis. Namun biasanya digunakan adalah ukuran a4 dan a3. Ketebalan dari sketchbook adalah 150 gsm.
  • Penghapus pensil akan sangat berguna karena dalam menggambar karakter komik, biasanya dibuat menggunakan pensil terlebih dahulu sebelum nantinya gambar dipertegas atau diperjelas. Sehingga penggunaan penghapus sangat di sarankan. Tidak ada ketentuan penghapus pensil yang harus digunakan, namun penulis dapat menggunakan berbagai merek penghapus pensil.
  • Pensil mekanik merupakan salah satu yang sangat diutamakan dalam menggambar. Baik menggambar karakter maupun bagi para arsitek yang digunakan untuk menggambar bangunan. Penggunaan pensil mekanik disebabkanoleh bentuknya yang runcing dan tidak perlu diserut, selain itu memiliki kekuatan yang cukup dan sangat pas untuk digunakan menggambar.
Alat tulis dalam membuat komik
  • Drawing pen sangat tidak asing ditelinga para pengrajin seni ataupun arsitek. Pulpen jenis ini digunakan untuk proses thicking atau menebalkan yang telah di gambar menggunakan pensil mekanik. Drawing pen umumnya memiliki ketum pulan yang berbeda beda dengan berbagai ukuran. Mulai dari yang paling tipis seperti 0,001 hingga yang tebal yaitu 1. Untuk penggunaan drawing pen hanya disarankan menggunakan satu warna yaitu warna hitam.
  • Tinta atau spidol putih. Apabila penghapus digunakan untuk menghapus kesalahan pensil mekanik, maka spidol berwarna putih akan menjadi penggantinya bagi drawing pen. Sebenarnya penggunaan spidol berwarna putih yang berlebihan akan tidak baik bagi hasil gambar sehingga mengapa pada awalnya perlu disiapkan penghapus agar sket menjadi lebih rapi sebelum ditebalkan menggunakan drawing pen. Demikian beberapa tips dasar untuk menggambar komik.

Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *