Baru – baru ini bullet journal (BuJo) menjadi suatu tren. Banyak anak muda yang berbondong-bondong membuat karya nya melalui Bujo. Bullet journal sebenarnya serupa dengan catatan harian, diary, planner, ataupun disebut dengan meditasi tulisan. Konon katanya jenis jurnal ini akan membantu seseorang menjadi lebih produktif, mengetahui rencana pribadinya, mengatur mimpi yang akan diraih nya. Bullet journal terdiri dari aktivitas sehari-hari, kalender bulanan, catatan, wish list, dan masih banyak lagi. Menurut rider carol menggunakan catatan jurnal akan membuat hidup seseorang menjadi lebih produktif dan sangat berarti karena mengukir kenangan.

Mungkin bagi sebagian orang bullet journal merupakan hal yang baru, namun ketika anda melakukan pencarian pada pintar res youtube maupun instagram maka anda akan melihat banyak yang membuat bullet journal dengan gambar gambar yang menarik. Bullet journal dibuat by hand, yang artinya gambar maupun tulisan di dalam dilakukan secara alami menggunakan tangan sendiri. Bagi anda yang tertarik untuk membuat bullet journal, simak tips dan trik berikut ini.

Baca juga: https://diginote.id/menulis-blog-pribadi-ini-7-tips-penting/

Referensi Bullet Journal

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari referensi. Referensi dapat ditemukan hampir di seluruh mesin pencarian. Namun yang akan sangat membantu adalah mencarinya melalui youtube, karena didalamnya sudah terdapat video tutorial yang akan membantu anda untuk melakukannya step by step. Dalam proses pencarian referensi juga dapat dilakukan dengan menentukan tema apa yang akan anda buat pada buku anda tersebut biasanya suatu tema juga akan berkaitan dengan warna yang dipilih.

Latihan

Sebagaimana diketahui bahwa balik journal merupakan hal yang terbilang baru, maka dari itu masih banyak dari kita yang belum fasih dalam membuatnya. Untuk itu jangan pernah malu untuk latihan. Latihan di sini yang dimaksudkan adalah melati tangan untuk semakin piawai menggambar dan menulis, juga tidak malu apabila hasilnya belum sesuai ekspektasi. Yang harus dilakukan adalah kegigihan dalam melakukan latihan sehingga menjadi lebih terbiasa. Mulailah dengan membuat rencana tahunan terlebih dahulu dan per biasakan diri untuk rajin menulis hari demi hari. Hal ini akan sangat membantu menggali kreativitas dan produktivitas anda.

Buku Untuk Bullet Journal

Buku yang digunakan pada bullet journal umumnya adalah buku jenis apapun. Namun kebanyakan orang yang membuat balik journal menggunakan buku dengan ukuran a5 atau a6. Karena buku quran ini umumnya digunakan untuk menulis note ataupun catatan harian. Selain itu ketebalan kertas juga akan mempengaruhi. Karena pada penulisan bullet journal akan menggunakan warna-warni sehingga kertas yang tipis akan mempengaruhi atau membuat hasil menjadi kurang bagus. Untuk itu cobalah pilih buku dengan ketebalan yang baik misalnya 90 gsm.

Jenis buku yang dapat digunakan untuk journal

Kemudian yang berikutnya adalah jenis kertas. Jenis kertas yang biasanya digunakan ada tiga macam yaitu kertas bergaris, kertas.atau. Kemudian ada lagi yaitu jenis kertas. Jenis kertas yang biasanya digunakan ada tiga macam yaitu kertas bergaris, kertas dot atau titik, dan kertas kotak kotak. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Kertas bergaris kurang cocok digunakan untuk menggambar. Sedangkan kertas kota kota kurang cocok digunakan untuk menulis karena sedikit terganggu. Namun kertas dot bisa menjadi alternatif bagi yang baru pertama membuat bullet journal karena kertas jenis ini sangat memudahkan untuk membuat garis menulis maupun menggambar.

Alat Tulis

Alat tulis yang digunakan untuk bullet journal

Alat tulis yang digunakan untuk membuat bullet journal sangat banyak dan tergantung kebutuhan. Namun yang paling utama dan pasti digunakan adalah pensil dan pulpen. Untuk pulpen biasanya beberapa orang menggunakan pulpen berwarna hal ini agar membuat tulisan menjadi lebih menarik. Selain itu anda juga dapat membeli pulpen dengan tingkat ketum pulan yang berbeda beda. Karena hal ini untuk membantu membuat beberapa jenis tulisan. Ada juga yang dinamakan dengan beras fen atau pulpen dengan ujung kuas pulpen ini sangat bagus untuk digunakan menulis tulisan kaligrafi pada balik journal anda.

Dekorasi

Dekorasi Bullet Journal agar terlihat menarik

Selain alat tulis untuk mempercantik bullet jenal dapat juga menggunakan sedikit dekorasi. Dekorasi yang dapat digunakan diantaranya adalah tappe berwarna, sticky note, ataupun stiker. Ada dapat menggunakan nya sesuka hati anda dan sesuai dengan estetika yang menarik menurut tanda.    


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *