Membaca buku merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, terutama untuk anak-anak yang baru saja mengenali berbagai pengetahuan dan juga memiliki memori yang sangat bagus. Sehingga cocok sekali untuk menyerap berbagai informasi bagi anda para orang tua yang seri.

Gkali merasa bingung bagaimana caranya memilih buku yang tepat untuk anak-anak ? Sehingga bisa mereka pelajari. Langsung saja akan kita bahas dalam artikel berikut ini kiat memilih buku untuk anak yang bisa anda aplikasikan sehingga tidak salah dalam memberikan sebuah referensi.

1.     Cari Buku Menarik

Kids Reading Png - Book Reading Children Png , Transparent Cartoon ...

Dibandingkan dengan bentuk yang membosankan. Sehingga kiat pertama yang harus dilakukan ketika memutuskan untuk membeli sebuah buku untuk anak-anak yaitu pilihlah buku yang memiliki gambar ataupun visual yang sangat bagus. Terutama untuk anak-anak yang masih di bawah usia 5 tahun.

Mereka masing-masing menyukai buku untuk pelajaran ataupun berbagai pengetahuan dengan adanya bentuk visual. Semakin bagus gambar yang digunakan maka semakin mudah anak-anak untuk belajar. Selain menarik perhatian. Bagaimanapun juga gambar merupakan wujud visual yang bisa diberikan kepada anak-anak.

2.     Sesuai Levelnya

11 Reading Habits to Instill In Young Children | Reader's Digest

Lihat kedua yang harus dilakukan saat memutuskan untuk membeli sebuah buku untuk anak-anak yaitu memperhatikan usia dan anak anda. Walaupun sebenarnya usia bukan patokan mengingat ada beberapa anak, yang terkadang terbiasa membaca buku dan mereka akan menggunakan buku yang lebih berat dibandingkan seusianya.

Tetapi bukan berarti anda memaksakan untuk memberikan buku secara sembarang kepada anak-anak. Bagaimanapun juga masing-masing anak-anak memiliki takaran dan juga standarnya sendiri cobalah untuk konsultasi kepada dokter ataupun psikologi anak, dalam kategori usia tertentu. Anak-anak mempelajari informasi dan juga pengetahuan yang berbeda-beda jangan paksakan. Sehingga pastikan bahwa anda memang membeli buku sesuai dengan usianya.

3.     Buku Sumber Bahasa

The Surprising Benefits of Reading With Your Kids (Infographic)

Sekarang ini bahasa menjadi salah satu hal yang paling penting yang harus dikuasai oleh anak-anak dan juga masyarakat modern kehidupan anda para orang tua yang menginginkan anak-anaknya, bukan hanya menguasai bahasa indonesia sebagai bahasa ibu. Tetapi juga bahasa lain, misalnya saja bahasa inggris ataupun mandarin yang sangat dibutuhkan ketika mereka dewasa.

Bagi yang tertarik untuk mengembangkan bahasa si kecil agar mereka lebih mahir lagi anda bisa memanfaatkan penggunaan buku untuk pembelajarannya. Apalagi anak-anak yang masih kecil memiliki memory yang masih segar. Sehingga cocok sekali ditambahkan atau diberikan pelajaran bahasa sehingga mereka bisa mempelajari berbagai bahasa. Tanpa harus merasa keberatan anda bisa memanfaatkan buku cerita ataupun buku dengan khusus, bahasa bahasa inggris dan mandarin secara langsung yang bisa dikenali kepada si kecil.

4.     Buku Cerita

Encourage your kids to read, on World Book Day!

Kiat ke-4 yang wajib dilakukan oleh para orang tua yaitu memutuskan untuk membeli buku yang memiliki cerita. Hal ini nantinya akan membantu anak-anak untuk fokus dan juga membantu mereka untuk mengembangkan imajinasi dari cerita tersebut. Selain itu buku cerita mungkin terlihat sepele.

baca juga : Keuntungan Menulis Buku yang Belum Diketahui

Namun faktanya banyak sekali psikolog anak yang menggunakan buku ini untuk membantu agar anak-anak, bisa memahami informasi yang lebih kompleks dibandingkan dengan informasi yang mereka,  yang umumnya dapatkan. Semakin sulit cerita dan juga semakin kompleks alur ceritanya.

Maka anak-anak nantinya akan berusaha untuk mengasah kemampuan logika mereka untuk memahami apa yang terjadi di dalam buku tersebut. Mungkin tidak bisa diterapkan untuk semua anak tetapi anda bisa menyesuaikan antara tingkat dari kemampuan otak yang dimiliki, dan juga alur cerita yang didapatkan dari sebuah buku tersebut.

5.     Dampingi  anak-anak

Three of the best ways to read books to kids, backed by science ...

Hal yang bisa dilakukan saat memberikan anak-anak buku untuk dibaca itu memastikan bahwa anda telah mendampingi dan juga mengajarkan anak-anak. Ada banyak informasi yang ada di dalam buku tersebut walaupun anda bisa memberikan buku langsung kepada anak-anak dan juga membiarkan mereka belajar serta mengembangkan informasi yang ada di dalamnya. Tetapi bukan berarti anda bisa membiarkan mereka senang belajar dan juga memahami buku secara sendirian.

Adanya pemanfaatan buku bagi anak-anak bukan hanya sekedar bacaan tetapi juga untuk menjadi jendela dunia yang dimiliki oleh mereka. Terutama karena anak-anak memiliki memori mereka masih sangat segar. Sehingga cocok sekali untuk mempelajari berbagai hal positif yang tentu saja bisa dikembangkan darinya dan bisa bermanfaat ketika mereka dewasa nanti.


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *