Seorang penulis seringkali dituntut untuk bisa mengeluarkan sebuah karya yang nantinya bermanfaat bagi banyak orang, dan tentu saja menampilkan karakter penulis tersebut. Mungkin salah satunya kamu yang berencana untuk memproduksi, sebuah buku yang telah kamu buat dan kamu rencanakan dalam jangka waktu yang lama.

Ternyata penulisan buku ataupun rilis buku ini, dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para penulis nya loh. Jadi apa saja keuntungan yang bisa didapatkan berikut ini informasi lengkapnya.

1) Self Confident / Percaya Diri

How To Write An Essay? Essay Writing Tips

Hal pertama yang bisa diketahui ketika memutuskan untuk merilis sebuah buku maka manfaat yang paling didapatkan tentu saja self confident atau kepercayaan diri. Jika semakin baik dalam membuat tulisan terutama jika karya tersebut diminati oleh banyak orang. Maka dapat membantu kamu untuk meningkatkan kepercayaan diri, sehingga menjadi seseorang yang lebih berkualitas dan tentu saja percaya akan hasil yang telah dibuat orang yang senang.

Dengan menulis tentu akan menjadi pusat perhatian dan lebih menonjol dibandingkan dengan orang lain. Ketika beberapa peminat dan juga pembaca buku memuji serta mengetahui bagaimana karakter dari penulisan yang telah kamu lakukan. Hal tersebut menjadi tanda positif dan juga respon yang diharapkan bagi banyak orang. Dengan adanya manfaat ini tidak salah bukan jika kamu memutuskan untuk memproduksi sebuah buku.

2) Menulis Buku Berbagi Ilmu

Writing a Nice Essay on Administration - Service Business Plans

Berbagi yang paling mudah dan tidak merugikan adalah berbagi ilmu hal ini dapat dilakukan oleh semua penulis, ketika mereka menuangkan karya dan juga pikirannya dalam sebuah buku. Tidak bisa dipungkiri bahwa keuntungan seseorang saat membuat buku yaitu bisa berbagi ide dan pengalaman yang telah mereka lakukan.

Bila dikatakan bahwa guru yang paling teladan adalah buku yang pernah dilakukan oleh orang lain dan berdasarkan pengalaman pribadi, oleh karena itu pengalaman yang dapat dimiliki bisa dituangkan dan juga dibagikan kepada orang lain. Siapa tahu ternyata para pembaca memiliki pengalaman yang sama dan dapat belajar dari apa yang kamu secara tidak langsung.

Kondisi tersebut bisa membantu memberikan banyak sekali pembelajaran. Bukan hanya untuk kamu tetapi juga untuk orang di luar sana semakin baik hal-hal yang kamu bahas dalam buku tersebut. Maka semakin membawa hal positif bagi banyak orang yang membacanya.

3) Profit Maker

Make a Great First Impression: 6 Tips for Writing a Strong ...

Hal lain yang bisa dilakukan apabila memutuskan untuk membuat sebuah buku tentu saja profit maker atau tempat untuk mendapatkan keuntungan. Banyak yang mengatakan bahwa menjadi seorang penulis hanya membuang waktu dan tenaga. Karena tidak adanya pendapatan tetap dan juga penghasilan yang besar.

Siapa bilang kita sudah tahu bahwa banyak sekali penulis buku populer yang berhasil mendapatkan keuntungan cukup tinggi dari produksi. Bukunya mulai dari Andrea Hirata hingga Dee Lestari, membuktikan bahwa mereka berhasil menuangkan ide dan pikiran menjadi sebuah buku dan ternyata bisa mendapatkan profit atau keuntungan dari buku tersebut.  Apalagi jika buku tersebut sudah menarik perhatian banyak orang dan dibuat dalam bentuk lain. Misalnya saja teater atau film maka pendapatan akan semakin meningkat bagi seorang penulis.

4) Menulis Buku Lebih Sehat

90 Free Online Courses to Improve Your Writing Skills — Class Central

Keuntungan lainnya ketika memutuskan untuk memproduksi sebuah buku yaitu hidup menjadi lebih sehat. Apa hubungannya antara buku dan juga sehat ? Sebenarnya kegiatan menulis dapat membantu menyehatkan kulit dan pikiran. Aktivitas ini bukan hanya membantu mengekspresikan emosi yang dimiliki sehingga tidak terpendam.

Tetapi juga menulis bisa menjadi salah satu cara yang digunakan untuk melatih pikiran agar tetap terjaga dan terkontrol dengan baik. Beberapa dokter jiwa mengatakan bahwa ketika seseorang sulit untuk mengekspresikan emosi mereka menulis, menjadi salah satu cara yang paling mudah dilakukan dibandingkan harus memendam rasa ketakutan dan juga kesal ketika menghadapi sebuah masalah.

5) Agent of Change

Letter writing — a lost art | Daily times

Hal ini bisa dipahami bagi para penulis yang memutuskan untuk memproduksi sebuah buku keuntungan yang bisa didapatkan tentu saja sebagai agent of change. Dengan adanya tulisan ini seseorang bahkan bisa berubah dan mempengaruhi pikiran orang lain. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari kekuatan tulisan dan juga cara menuangkan ide yang dimiliki oleh kamu.

Apabila tulisan sangat menarik. Maka tidak mengherankan para pembacanya akan menyetujui ide tersebut dan akan ikut menikmati berbagai bacaan yang ada. Tidak jarang bukan buku berhasil menggerakkan hati seseorang dan berubah orang tersebut menjadi lebih baik.


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

2 Comments

5 Tips Ampuh Tulis Esai dengan Benar - DigiNote ID · 17/04/2020 at 3:32 am

[…] artikel terkait : Keuntungan Menulis Buku yang Belum Diketahui […]

Kiat Memilih Buku untuk Anak-Anak - DigiNote ID · 25/04/2020 at 6:59 pm

[…] baca juga : Keuntungan Menulis Buku yang Belum Diketahui […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *