Berbicara mengenai penulisan ada banyak sekali aturan yang harus anda pahami. Sebelum memutuskan untuk mengambil informasi dari berbagai tulisan yang ada salah satunya adalah jurnal yang seringkali digunakan oleh banyak orang, termasuk mahasiswa ataupun peserta didik di indonesia.

Untuk bisa mendapatkan data yang valid. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sebuah jurnal. Sehingga anda harus tahu penggunaan atau alokasinya berikut ini informasi lengkapnya.

Kelebihan Penggunaan Jurnal

How to Write a Great Travel Journal: 9 Tips - Solo Traveler

  1. Data Valid

Kelebihan pertama yang bisa didapatkan apabila menggunakan sebuah jurnal tentu saja memaparkan berbagai informasi. Berdasarkan data anda pasti akan mendapatkan informasi yang valid dan tidak mungkin sembarang atau berdasarkan opini saja.

Pembuatan jurnal juga melalui tahapan yang sangat ketat. Sehingga ketika mempublikasikannya jurnal ini bukanlah sesuatu yang sembarangan anda bisa mengambil data nya dari sana. Kemudian menggunakannya sebagai bahan referensi resmi yang sudah pasti disetujui oleh orang lain. Terutama jika anda menggunakan bahan tersebut untuk sesuatu yang bersifat, formal seperti halnya tugas akhir ataupun makalah.

  1. Tata Bahasa Sesuai EYD

Kelebihan kedua yang bisa didapatkan dari sebuah jurnal yaitu adanya penulisan yang sesuai dengan tata bahasa. Apabila anda kesulitan untuk bisa memahami sebenarnya bahasa indonesia yang benar atau susunan penulisan yang tepat itu seperti apa.

Maka anda bisa mencontek ataupun melihat contohnya dari berbagai jurnal atau bahasa yang digunakan pasti sudah tervalidasi sebelumnya dan sudah melalui pengecekan. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi dengan standar penulisan yang digunakan dalam jurnal tersebut. Kata bahasa sendiri menjadi ide ataupun informasi yang paling penting.

Ketika memutuskan menggunakan sebuah bahasa yang dialokasikan pada tulisan formal. Apalagi pembelajaran indonesia sendiri bukanlah sesuatu yang mudah. Sehingga anda harus bisa mencari tata bahasa yang sesuai dengan kaidah dan peraturannya.

  1. Referensi yang Jelas

Kelebihan ketiga yang bisa didapatkan saat memutuskan untuk memilih jurnal sebagai salah satu bahan atau referensi informasi yaitu membantu memaparkan informasi secara jelas. Hal ini dikarenakan ketika seseorang menyusun sebuah jurnal mereka harus menyusunnya berdasarkan struktur.

Tentu saja hal ini menyebabkan banyak sekali para pembaca, tidak perlu repot mencari ataupun membaca satu persatu. Karena dengan adanya struktur tersebut anda sudah bisa mengetahui isi dari keseluruhan jurnalnya.

Kekurangan Penggunaan Jurnal

8 Things to Include in a Mood Journal, Healthy Mind, Hope ...

  1. Tampilan Membosankan

Selanjutnya kita berbicara mengenai kelemahan, bagaimanapun juga sebuah karya tulis pasti memiliki kelemahan yang terkadang harus diketahui. Sehingga bagi anda yang menggunakannya anda bisa mengakalinya dengan menggunakan beberapa informasi tambahan lain.

Kelemahan pertama yang seringkali terjadi apabila menggunakan jurnal yaitu tidak adanya background ataupun penggunaan penyajian data yang sama dan kaku. Hal ini mungkin tidak terlalu cocok bagi anda yang ingin menggunakan data jurnal tersebut. Untuk ditampilkan ataupun dipromosikan di tempat lain.

  1. Jurnal Berbayar

Selanjutnya kelemahan yang sering dihadapi oleh banyak pengguna yaitu membeli jurnal karena berbayar. Hal ini terjadi akibat adanya publikasi yang bisa digunakan untuk promosi dan data yang didalamnya tentu sangat berguna untuk banyak hal. Namun publikasi jurnal dikenakan biaya pembelian ID, sehingga jurnal tersebut dipastikan untuk tidak sama dengan lainnya.  Namun banyak yang merasa keberatan dengan adanya jurnal berbayar yang dikenakan untuk jurnal ini.

  1. Data Benar namun Belum Tentu Jelas

Data jurnal memang bentuknya valid, namun jika membicarakan mengenai objektifitasnya, semua kembali pada pembuatan jurnal tersebut. Apakah ada bahan pendukung lain yang diminta. Misalnya saja beberapa orang mengatakan bahwa mereka menggunakan jurnal namun faktanya ada yang menyebutkan mereka mendapat data yang tidak sesuai dan bisa saja data tersebut dibuat untuk mendukung nama atau instansi tertentu.

Itulah deretan informasi mengenai jurnal yang bisa anda gunakan, mengingat penggunaan jurnal yang banyak dan diterima positif dikalangan civitas akademik. Menjadikan jurnal sebagai bahan yang penting untuk sebuah penulisan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kedepananya. Terima Kasih.


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *