Berdasarkan teori Mike King seorang konsultan SEO di iPullrank, ditengarai bahwa ada perubahan pemahaman SEO, dari versi lama yang cenderung melepaskan diri dari ekosistem, menjadi lebih bertanggung jawab pada pengembangan ekosistem digital dari SEO. Walau demikian, meskipun terdapat banyak perubahan banyak proses SEO tetap sama.

Saat ini ada beberapa segmen strategi SEO, di mana praktisi SEO akan cenderung fokus pada satu segmen yang mereka pandang sebagai opsi yang benar-benar bisa dimaksimalkan untuk keberhasilan kampanye SEO, karena pada fase selanjutnya mereka mesti melakukan sinergi dengan inisiatif lainnya dalam bauran pemasaran. Terlalu membuka diri pada sekian banyak opsi bukan hal yang bijak.

Dengan kata lain, SEO pada akhirnya mengadopsi dan beradaptasi menjadi lebih serius untuk mendorong perubahan. Namun sebelumnya kita identifikasi dahulu, masalah dan proses oldskoll macam apa yang tengah ditinggalkan para praktisi SEO?

Masalah Lama

Ungkapan SEO lebih banyak mengundang rasa sinis dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu sinisme diungkap oleh praktisi SEO, Brittan Bright, saat dirinya mengutip seorang kawan yang menyatakan padanya bahwa SEO itu semata “Kalkulus Pemasaran.” Walau itu anggapan yang tepat, dan cocok karena SEO memang seperti Kalkulus, di mana ada agregat nilai dari apa sedang praktisinya kerjakan. Sama seperti Kalkulus, SEO juga cukup spesifik dan esoteris bagi mereka yang belum mempelajarinya. SEO adalah kalkulus. Suatu utak atik nilai yang berputar melindungi kepentingannya, sebagaimana yang digambarkan dalam diagram ini.

The Standard SEO process

Namun kebanyakan pemasar yang sinis melihat bahwa praktisi SEO hanya berhenti di titik itu. Semestinya tidak, karena praktisi SEO selalu memiliki inisiatif untuk tidak hidup di ruang hampa.

Karena kita mengerti selalu perubahan yang dilakukan dalam ekosistem digital, di mana ada banyak pemangku kepentingan, dan praktisi SEO ikut melakukan inisiatif dalam perubahan ekosistem digital tersebut. Ambil contoh pada pengembangan google analytic pertama kali, siapa yang merasakan manfaat lebih banyak lalu merumuskan suatu skala pekerjaan berkaitan dengan pengembangan dari manfaat google analytic? Tentunya para praktisi SEO.

Sebagaimana diagram, sebagian praktisi SEO melompat tepat ke kata kunci, “analisis” dan “analisis kompetitif”. Karena yang dimaksudkan oleh para praktisi berkaitan dengan analisis adalah mencoba mencari tahu apa yang benar benar mereka butuhkan berkaitan dengan pengembangan SEO dalam kompetisi dengan pihak lain.

Namun, demi menggenapkan kemajuan pemikiran praktisi SEO, Mike King merumuskan langkah baru di antaranya :

  1. Peluang adanya Penemuan Baru – Peluang Penemuan adalah proses siklus memahami peluang merek berkaitan dengan tujuan bisnis, target audiens, spesifikasi industri dan kinerja masa lalu. Dalam siklus berwawasan bahwa dari satu langkah yang berhasil di masa lalu bisa memperbaiki wawasan dari langkah lain dalam proses di masa depan.
  2. Tujuan bisnis – Semuanya harus dilakukan dalam konteks tujuan dari merek. Dan ini membutuhkan pemahaman yang mendalam di mana merek cenderung menguat dibandingkan melemah.
  3. Market Research – Alasan mengapa praktisi SEO berkesan mencemari web, adalah bahwa begitu banyak orang yang memainkan SEO dengan tidak membangun konten yang benar benar bagus atau memiliki utilitas pada pasar. Pada titik ini, seluruh tim harus membuat kajian jauh ke dalam industri dan beroleh hasil jelas kebutuhan riil pasar.
  4. Riset Audiens – Iklan Facebook yang merupakan Adwords Tool dari setiap individu, lalu para Doubleclick Ad planer bisa digunakan untuk memahami demografi situs yang ada. Jika tersedia, Facebook Insights memberikan data demografi pada pengguna.
  5. Menambang Analisis – Seperti biasa, Anda mesti menambang data analisis yang ada untuk memahami yang pengunjung. Ambil melakukan penyelaman lebih jauh ke dalam kinerja kata kunci, terutama dalam data Search internal, untuk mengidentifikasi setiap peluang.
  6. Mendengarkan secara sosial – Menggunakan inti set kata kunci, mengumpulkan data tentang percakapan sekitar kata kunci tersebut. Melacak pola dengan mengidentifikasi segmen pengguna, serta demografi dari negara di mana orang-orang mengambil bagian dalam percakapan sosial tersebut. Anda bisa melacak bagaimana pengguna tersebut menggunakan kata kunci karena ini akan memungkinkan Anda untuk menghilangkan ambiguitas dalam keputusan kunci dan membantu untuk menciptakan pesan yang beresonansi dengan audiens, demi pencarian kepuasan konsumen.

Dari semua teori dan strategi baru di atas, satu hal paling penting yang bisa digarisbawahi, adalah SEO tidak pernah berhenti, jika buntu, mereka akan ulang ulang ulang kembali dari awal.***


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *