Merevisi berarti mengubah atau memperbagus tulisan Anda. Saat itu Anda diberi kesempatan menambahi, mengurangi, atau bahkan mengganti ide tulisan. Anda juga dapat berbagi draf kepada orang lain untuk mendapatkan masukan ataupun komentar.

Perjuangan Anda belumlah selesai sampai pada draf. Ada saat untuk memperbagus tulisan Anda. Berikut ini caranya.

Membaca nyaring

Bacakan dengan nyaring tulisan Anda agar Anda dapat merasakan jawaban atas pertanyaan berikut ini: Apakah tulisan saya masuk akal? Apakah tulisan saya mengandung cukup data dan fakta?

Beragih tulisan

Mintalah orang-orang yang Anda kenal untuk membaca draf pertama Anda. Bebaskan mereka untuk memberi komentar, termasuk kritik pedas.

Melakukan perubahan

Draf berubah dari konsep awal? Tidak mengapa demi mencapai tujuan penulisan Anda. Itulah gunanya revisi agar tulisan Anda makin bertenaga. Ada bagian yang mungkin harus ditambahkan, harus dikurangi, bahkan harus diganti.

Categories: Dunia Penulis

Fachmy Casofa

Fachmy Casofa merupakan penulis +35 buku sejak tahun 2009 dan sudah memabntu lebih dari 15 Tokoh untuk membuat buku mereka, seperti BJ Habibie, Natali Ardianto, Salafuddin AS (dai nasional), Saptuari sugiharto, Gamal Albinsaid, Erik Tenhave & Dedy Courbuzier (Millenial Power), Wahyudi Anggoro Hadi (lurah terbaik 2017), Andika DJ (tokoh beanding syariah), Arief Budiman (tokoh branding dan ICC), Ilman Akbar (traveloka), DSB

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *