Anda punya kesempatan memperbaiki beberapa kesalahan di dalam teks pada saat editing. Temukan kesalahan tiap baris, apakah itu salah tik, salah berbahasa, ataupun salah dalam penyajian data dan fakta.

Saat mengedit, fokuslah membaca dengan saksama draf Anda.

Mengecek kebenaran

Cek kembali draf dan pastikan kebenaran dalam hal ejaan, kebahasaan, ketaatasasan (konsistensi), kesopanan, legalitas, dan data-fakta.

Editing silang

Anda boleh meminta teman Anda atau orang lain untuk memeriksa dan menemukan kesalahan dalam tulisan Anda.

Menimbang kembali tulisan

Pastikan tulisan Anda telah mengandung hal-hal yang menarik bagi pembaca. Pastikan tidak ada bagian yang diulang-ulang, tidak ada data-fakta yang sudah usang atau sering diungkap orang lain, dan pastikan juga tidak ada bagian tulisan yang sulit dipahami.

Mempersiapkan draf akhir

Jika semua proses editing telah dilakukan, lanjutkan untuk menulis draf akhir.

Koreksi pruf 

Anda dapat melakukan cek sekali lagi terhadap draf akhir sebelum dikirimkan ke media untuk publikasi.  Pruf atau cetak coba sebagai bentuk akhir tulisan kemungkinan masih mengandung beberapa kesalahan.

Categories: Dunia Penulis

Fachmy Casofa

Fachmy Casofa merupakan penulis +35 buku sejak tahun 2009 dan sudah memabntu lebih dari 15 Tokoh untuk membuat buku mereka, seperti BJ Habibie, Natali Ardianto, Salafuddin AS (dai nasional), Saptuari sugiharto, Gamal Albinsaid, Erik Tenhave & Dedy Courbuzier (Millenial Power), Wahyudi Anggoro Hadi (lurah terbaik 2017), Andika DJ (tokoh beanding syariah), Arief Budiman (tokoh branding dan ICC), Ilman Akbar (traveloka), DSB

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *