Saat akhir adalah beragih (sharing) tulisan dengan menerbitkannya. Tentu kini Anda dapat melakukannya secara tercetak ataupun daring (online).

Masa kini telah memungkinkan seseorang memiliki media pribadi, terutama dalam bentuk daring seperti blog dan situs web. Selain itu, seseorang dapat memublikasikan karyanya di media daring yang dikelola secara profesional dan juga di media sosial yang menyediakan laman atau fitur untuk publikasi.

Walaupun demikian, Anda harus berusaha memublikasikan tulisan di media-media yang melakukan penilaian sebelum memutuskan terbitnya tulisan Anda. Hal tersebut tentu guna meyakinkan Anda bahwa tulisan Anda layak dibaca.

Pilih media yang tepat

Saat merencanakan tulisan, Anda memang sudah harus membayangkan media mana yang tepat untuk memublikasikan tulisan Anda berdasarkan karakteristik pembaca sasaran yang Anda tuju.

Ikuti Syarat dan Ketentuan

Setiap media memiliki syarat dan ketentuan berbeda-beda terkait tulisan. Anda harus mengikuti syarat dan ketentuan tersebut untuk memastikan tulisan dapat lolos dari segi fisik naskah.

Categories: Dunia Penulis

Fachmy Casofa

Fachmy Casofa merupakan penulis +35 buku sejak tahun 2009 dan sudah memabntu lebih dari 15 Tokoh untuk membuat buku mereka, seperti BJ Habibie, Natali Ardianto, Salafuddin AS (dai nasional), Saptuari sugiharto, Gamal Albinsaid, Erik Tenhave & Dedy Courbuzier (Millenial Power), Wahyudi Anggoro Hadi (lurah terbaik 2017), Andika DJ (tokoh beanding syariah), Arief Budiman (tokoh branding dan ICC), Ilman Akbar (traveloka), DSB

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *