Secara pengertian, tesis merupakan pengajuan suatu proposisi teori yang mana dalam pembukaan proses pembuatannya harus dibuktikan melalui penelitian ilmiah yang lebih advance. yang dimaksudkan dengan lebih advance adalah tidak lagi bersifat deskriptif layaknya pada skripsi. Melainkan lebih menforkuskan pada pengujian teori. penulisan tesis biasanya dilakukan ketika seorang mahasiswa berada pada jenjang pendidikan master atau magister. Berikut ini adalah tips menulis tesis yang diurutkan berdasarkan proses penulisan tesis itu sendiri.

Menulis tesis untuk pascasarjana

Abstrak

Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan isi tulisan. Mulai dari pendahuluan, teori, hasil diskusi, dan kesimpulan. Abstrak memiliki Batasan kata sampai 250 kata. Dalam abstrak disertai dengan kata kunci yang juga disusun berdasarkan abjad. Dalam penulisan abstrak, penulis harus memastikan bahwa isinya telah lengkap sebagaimana dengan membaca abstrak, pembaca sudah dapat mengetahui inti dan proses dari penelitian tersebut.

Pendahuluan Tesis

Dalam bagian pendahuluan biasanya berisi tentang akar masalah yang akan dibahas. Mulai dari pengenalan variable dan berlanjut pada akar masalah yang membuat penulis harus melakukan penelitian tentang topik tersebut. Pendahuluan thesis juga menyertakan hasil penelitian ilmiah yang terkait.

Selain itu pada bagian pendahuluan jangan terlalu banyak menyebutkan hal yang bersifat umum, sebaiknya menayangkan kutipan dari sumber terpecaya. Hal tersebut merupakan kesalahan yang sering kali dilakukan. Dalam mengutip juga memiliki trik yang mana penulis dilarang men-copy paste, namun harus menggunakan footnote atau bodynote yang menandakan bahwa kutipan tersebut bukan milik pribadi penulis.

Baca juga: https://diginote.id/menulis-artikel-akademik-berbasis-seo-ini-tipsnya/

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian menanyakan apa alasan dibalik penelitian tersebut. Hal ini berkaitan dengan pertanyaan penelitian yang disematkan dalam bagian pendahuluan. Tujuan penelitian dalam tesis lebih dari satu, karena fokus pembahasan dalam tesis umumnya lebih besar dibandingkan skripsi. Akan tetapi semua tujuan penelitian yang dicantumkan harus terjawab jelas pada bagian kesimpulan. Apabila penulis fokus pada tujuan penelitian, maka proses berjalannya penelitian tidak akan keluar topik.

Kerangka Teori

Kerangka teori merupakan kumpulan teori dan konsep yang disatukan membentuk suatu kesatuan. Keberadaan kerangka teori untuk membantu menemukan jawaban dari pertanyaan penelitian. Dalam kerangka teori terdapat dua jenis variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen. Pada saat menulis tesis, kerangka teori umumnya menggabungkan lebih dari satu teori maupun konsep yang membentuk serangkaian proses menjawab tujuan atau pertanyaan penelitian.

Tinjauan Pustaka

Tinjauan pusataka merupakan hasil review tulisan-tulisan terkait atau penelitian sebelumnya. Penulis harus mencari hasil penelitian yang memiliki kesamaan dengan penelitian yang sedang dijalani, mulai dari kesamaan subjek dan objek yang diteliti dan kesamaan teori yang digunakan. Dalam tinjauan pustaka tesis, harus menggunakan penelitian dengan cakupan yang setara dengan jenjang master atau magister.

Baca juga: https://diginote.id/menulis-paper-jurnal-untuk-publikasi-gampang/

Pembahasan

Pada bagian pembahasan, penulis akan mengumpulkan semua temuan dari penelitian dan dibahas berdasarkan kerangka teori yang dibuat. Alur pembahasan mengikuti kerangka teori yang digambarkan sebelumnya. Disini, penulis harus berhati-hati dalam menulis. Karena biasanya banyak yang membahas diluar topik. Untuk itu penulis harus tetap fokus pada kerangka teori.

Kesimpulan

Setelah melewati setelah dari proses menulis tesis, kini tiba pada kesimpulan. Pada bagian kesimpulan, penulis hanya perlu menjawab pertanyaan penelitian sesuai dengan hasil pembahasan. Penulis juga perlu menyertakan inti dari alasan mengapa menjawab demikian yang dikuatkan oleh teori dasar pada kerangka teori.

Saran

Saran adalah masukan yang diberikan oleh penulis. Biasanya, saran bisa dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan target subjek. Pada penelitian tingkatan tesis, biasanya saran yang diberikan memiliki kekuatan tersendiri untuk mempengaruhi proses pembuatan keputusan. Misalnya pada instansi pemerintahan tertentu, hasil penelitian tesis akan menjadi sangat berpengaruh.

kelulusan

Referensi

Referensi merupakan sumber-sumber yang menjadi bahan dari seluruh tulisan penelitian. Dalam memilih sumber juga harus kredibel. Seperti hasil penelitian atau publikasi dan buku akademis. Referensi yang baik adalah yang memiliki kutipan dari 40% buku dan 60% jurnal yang terbaru antar 10 tahun sebelumnya. Selain itu juga untuk jenjang master dalam penulisan tesis sebaiknya menggunakan jurnal internasional atau bahan buku internasional yang memiliki rating tinggi. Tentunya dengan alasan untuk menguatkan poin yang ada pada kutipan.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *