Tulisan penelitian bukanlah hal yang baru bagi mahasiswa. Seringkali sang dosen memberikan tugas menulis tulisan akademik atau melakukan penelitian seperti makalah. Biasanya juga bobot nilai yang diberikan sangat tinggi sehingga mahasiswa tidak dapat asal-asalan mengerjakannya. Meskipun demikian, masih banyak mahasiswa yang belum paham betul apa saja konten dari tulisan penelitian tersebut. Berikut ini adalah sedikit rangkuman menganai apa saja konten tulisan penelitian.

tulisan penelitian

Abstrak

Abstrak merupakan ringkasan dari keseluruhan isi tulisan. Mulai dari pendahuluan, teori yang digunakan, hingga hasil diskusi. Abstrak memiliki Batasan kata sampai 250 kata. Dalam abstrak juga tertera kata kunci yang harus disusun berdasarkan abjad. Isi dari abstrak harus singkat, padat, jelas dan menyeluruh. Penulisan abstrak biasanya dilakukan setelah seluruh bagian dari penelitian dan penulisan telah selesai atau dapat dikatakan sebagai part terakhir.

Pendahuluan

Dalam bagian pendahuluan biasanya berisi tentang akar masalah yang akan dibahas. Mulai dari pengenalan variable dan berlanjut pada akar masalah yang membuat penulis harus melakukan penelitian tentang topik tersebut. Di akhir bagian pendahuluan menyertakan pertanyaan penelitian. Apakah mengapa ataukah bagaimana. Pertanyaan mengapa menanyakan alasan dan pertanyaan bagaimana menanyakan proses. Kedua pertanyaan ini yang paling sering digunakan dalam penelitian.

Baca juga: https://diginote.id/menulis-artikel-akademik-berbasis-seo-ini-tipsnya/

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian menanyakan apa alasan dibalik penelitian tersebut yang mana berkaitan dengan pertanyaan penelitian yang ada pada bagian pendahuluan. Misalnya pada pertanyaan penelitian mengapa, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui alasan dari (…). Tujuan penelitian biasanya lebih dari satu dan berkaitan dengan pembahasan pada kesimpulan. Semua tujuan penelitian yang dicantumkan harus terjawab jelas pada bagian kesimpulan. Apabila penulis fokus pada tujuan penelitian, maka proses berjalannya penelitian tidak akan keluar topik.

Kerangka Teori

Kerangka teori merupakan kumpulan teori dan konsep yang disatukan membentuk suatu kesatuan. Keberadaan kerangka teori untuk membantu menemukan jawaban dari pertanyaan penelitian. Dalam kerangka teori terdapat dua jenis variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independent dapat mempengaruhi variabel dependen. Dengan kata lain kejadian yang terjadi pada variabel dependen disebabkan oleh adanya variabel independent.

Tinjauan Pustaka

Tinjauan pusataka merupakan hasil review tulisan-tulisan terkait atau penelitian sebelumnya. Penulis harus mencari hasil penelitian yang memiliki kesamaan dengan penelitian yang sedang dijalani, mulai dari kesamaan subjek dan objek yang diteliti dan kesamaan teori yang digunakan. Dalam tinjauan pustaka, penulis akan melakukan sedikit review dan menuliskan perbedaan dari penelitian tersebut dengan penelitian yang sedang penulis laksanakan.

Pembahasan

Pada bagian pembahasan, penulis akan mengumpulkan semua temuan dari penelitian dan dibahas berdasarkan kerangka teori yang dibuat. Alur pembahasan mengikuti kerangka teori yang digambarkan sebelumnya. Disini, penulis harus berhati-hati dalam menulis. Karena biasanya banyak yang membahas diluar topik. Untuk itu penulis harus tetap fokus pada kerangka teori. Selain kerangka teori, penulis juga dapat menggunakan tinjauan pustaka sebagai bahan perbandingan hasil.

Kesimpulan

Setelah melewati bagian pembahasan, kini tiba pada kesimpulan. Pada bagian kesimpulan, penulis hanya perlu menjawab pertanyaan penelitian sesuai dengan hasil pembahasan. Selain itu juga dijabarkan sedikit alasan mengapa jawaban seperti itu. Bagian kesimpulan tidak perlu terlalu banyak. Yang terpenting adalah bagaimana pertanyaan penelitian terjawab.

Saran

Saran adalah masukan yang diberikan oleh penulis. Bagian ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Misalnya dibagi berdasarkan subjek, untuk masyarakat setempat, untuk pemerintah dan untuk penelitian selanjutnya. Memberikan saran tidak bisa asal-asalan dan harus berdasarkan alasan yang logis dan berhubungan dengan temuan penelitian.

Referensi

Daftar pustaka

Referensi merupakan sumber-sumber yang menjadi bahan dari seluruh tulisan penelitian. Dalam memilih sumber juga harus kredibel. Seperti hasil penelitian atau publikasi dan buku akademis. Sumber yang tidak kredibel biasanya akan menjadi permasalahan publikasi jurnal. Misalnya Wikipedia dan blogspot. Referensi yang baik adalah yang memiliki kutipan dari 40% buku dan 60% jurnal yang terbaru antar 10 tahun sebelumnya. Dalam mengutip juga memiliki trik yang mana penulis dilarang men-copy paste, namun harus melakukan improvisasi sehingga tidak terdeteksi plagiarism.

Demikian pembahasan mengenai konten tulisan penelitian. Semoga membantu ?

Demikian sedikit tips dari saya ekonovianto.id, dalam hal kepenulisan untuk SEO, dimana saya sendiri sudah berkecimpung lama dalam dunia jasa seo, khususnya jasa seo di semarang. Mari bersilaturahim melalui web personal saya, untuk berdiskusi lebih jauh mengenai SEO atau digital marketing. Selain seorang internet marketer saya merupakan bisnis owner di beberapa bidang bisnis seperti studio pelangi , sewa videotron, dan perusahaan digital yang membantu UMKM yaitu oke digital agency.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *