Membuat itenerary merupakan salah satu hal penting dalam merencanakan perjalanan. Itenerary berfungsi untuk membantu menata perjalanan menjadi lebih tertata rapi. Biasanya Itenerary membahas tentang tempat yang dituju, jadwal setiap harinya, list tempat yang akan dikunjungi, biaya, dan lain sebagainya.

Baca juga: https://diginote.id/cara-membuat-artikel-yang-menarik/

Tentukan Tujuan

Hal pertama yang wajib dilakukan dalam membuat itenerary adalah menentukan tujuan. Tujuan dapat berupa destinasi kota, pulau, ataupun negara. Tentukan satu tempat yang sangat ingin anda kunjungi. Biasanya setiap orang memiliki tempat impian untuk berlibur pada setiap musim liburan, hal ini bisa dijadikan rekomendasi untuk menentukan destinasi perjalanan.

Tentukan Waktu

Setelah menentukan tujuan, anda juga harus menentukan waktu. Selain waktu keberangkatan, juga menentukan estimasi berapa hari anda akan stay di tempat tersebut. Hal ini akan sangat berhubungan dengan pembuatan rencana perjalanan harian dan estimasi anggaran yang akan dikeluarkan. Dalam hal liburan, panjang atau pendek nya waktu tidak terlalu menentukan melainkan bagaimana liburan tersebut menjadi berkualitas.

Tempat Yang Akan Dikunjungi

pilihlah tujuan travelling

Hal ketiga yang harus dikumpulkan adalah daftar tempat tempat yang akan anda kunjungi atau tempat tempat yang menjadi impian anda untuk dikunjungi. Buatlah pada satu kertas itenerary daftar tempat tempat tersebut, beserta lokasi dari tempat tersebut. Hal ini untuk memudahkan membuat penyusunan jadwal berdasarkan cluster, selain itu juga untuk membantu membuat perencanaan anggaran.

Buatlah list tempat yang akan dikunjungi sebanyak mungkin. Karena pada saat membuat rencana perjalanan, akan ada beberapa tempat yang harus di hilangkan. Maka dari itu perbanyaklah list tempat untuk memudahkan membuat rencana perjalanan.

Riset

Mulailah melakukan riset. Riset dilakukan untuk mempermudah pembuatan rencana perjalanan atau itinerary. Riset dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pencarian google, menonton vlog, atau melalui media sosial instagram. Cari tahu berbagai hal tentang apapun yang berhubungan dengan perjalanan anda. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Biasanya beberapa poin di bawah ini sering dilakukan riset ketika melakukan rencana perjalanan.

  • Tiket pesawat

Mulailah untuk mencari tiket pesawat. Riset mengenai tiket pesawat dapat dilakukan pada aplikasi tiket yang berbeda beda. Kali ini untuk mengetahui rencana harga, memilih harga yang paling termurah, serta mencari informasi mengenai promosi. Untuk membuat rencana perjalanan, sebaiknya persiapkanlah tiket pesawat pulang dan pergi. Sehingga apabila terjadi sesuatu atau masalah, setidaknya anda telah memiliki tiket pesawat untuk kembali ke tempat asal anda. Catatlah informasi mengenai jam keberangkatan, lama perjalanan, dan harga.

  • Tempat yang dikunjungi

Kedua yaitu buatlah riset mengenai tempat yang dikunjungi. Selain untuk mengetahui lokasi persis dari tempat tersebut, cobalah cari mengenai jam operasional, hari libur, tiket dan harga, serta lokasi sebagaimana yang dijabarkan sebelumnya. Adapun, beberapa video juga menuturkan mengenai bagaimana bisa mencapai suatu tempat. Apabila ada maka tonton lah video tersebut, karena visual akan lebih membantu dibandingkan dengan hanya tulisan.

  • Tempat tinggal
Tempat tinggal juga harus ditentukan dalam itenerary

Buatlah riset mengenai tempat tinggal. Kira kira pada tempat tersebut, tempat tinggal yang paling nyaman dan aman bagi traveler di mana. Buat juga beberapa list mengenai tempat tinggal yang di rekomendasikan dan bandingkan satu sama lain dengan mencatat kelebihan dan kekurangan masing masing. Selain itu jangan lupa mencari mengenai akses menuju transportasi umum melalui tempat tersebut.

  • Transportasi

Poin terakhir yang harus diperhatikan adalah alat transportasi. Alat transportasi akan mempermudah anda untuk menuju suatu tempat dari tempat lainnya. Cobalah riset mengenai alat transportasi yang tersedia pada tempat tersebut, beserta harga, dan rute. Ini juga akan sangat membantu untuk membuat rencana perjalanan.

Menentukan Tempat Tinggal

Setelah membuat riset, dan memiliki beberapa list tempat tinggal maka kini anda sudah bisa memilih daerah di mana anda akan stay. Pililah tempat yang lokasinya strategis yaitu dekat dengan transportasi umum dan ramai. Selain itu vita juga tempat tinggal yang paling dekat dengan banyak tempat yang ingin anda kunjungi. Hal ini akan membantu untuk menekan rancangan anggaran. Apabila anda akan melakukan perjalanan berpindah pindah kota, maka anda juga harus memiliki rencana mengenai tempat tinggal yang akan ditinggalkan selama masa tersebut.

Menentukan Transportasi Yang Digunakan

Selain tempat tinggal, transportasi juga harus diketahui terlebih dahulu. Setelah membuat riset mengenai transportasi, kini anda sudah bisa mulai berfikir bagaimana mengarah antara satu tempat ke tempat yang lain, harus menggunakan transportasi jenis apa, juga mempelajari mengenai pembelian tiket agar bisa mengakses transportasi umum.

Buat Perencanaan

Mulai membuat itenerary

Setelah semua terkumpul, kini anda dapat membuat rencana perjalanan atau itinerary. Buatlah rencana perencanaan perjalanan menggunakan data data yang telah ditemukan pada hasil riset sebelumnya. Mulailah dengan keberangkatan dari kota asal dan diahiri dengan kepulangan ke kota asal. Buatlah kolom secara ditel yang mana akan menuliskan tentang waktu, alat transportasi yang digunakan dan anggaran.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *