Tulis esai merupakan salah satu jenis penulisan yang banyak dipilih oleh berbagai lembaga untuk menyeleksi pegawai ataupun orang yang dapat bergabung dengan lembaga mereka. Selain itu esai juga sering dimanfaatkan untuk menjadi salah satu cara untuk membantu mendapatkan para penerima beasiswa yang berkualitas.

Namun ternyata masih banyak yang mengalami kendala ketika memutuskan untuk menuangkan pikiran mereka, menjadi sebuah esai yang terstruktur dan juga rapi. Berikut ini ada 5 tips yang bisa dilakukan agar dapat menuangkan sebuah esai dengan baik.

1. To The Point

How To Write An Essay - IntelligentHQ

Pertama ketika memutuskan untuk membuat esai. Maka kamu harus tudepoin seringkali beberapa orang memutuskan untuk membuat sebuah esai dengan bahasa yang berputar-putar. Sehingga tidak pada intinya padahal seorang pembaca mengharapkan sebuah informasi yang jelas dan juga kali dari esai yang telah kamu buat.

artikel terkait : Keuntungan Menulis Buku yang Belum Diketahui

Terutama jika esai tersebut dibuat untuk sebuah seleksi ataupun mendapatkan sebuah beasiswa sehingga inti pembicaraan yang haruslah jelas dan tidak boleh terlalu melebar dari inti ataupun topik yang dibicarakan. To the point menjadi salah satu tanda yang paling mudah untuk didapatkan ketika tulis esai. Jangan lupa sertakan juga kesimpulan, dari seluruh isi yang telah dibuat berapa banyak pun kata yang ada dalam esai tersebut.

2. Buat Gebrakan dalam Tulis Esai

The Eight Techniques of Writing A Good Essay | The Best Essay

Hal ini yang bisa dilakukan yaitu jika kamu melakukan gerakan ataupun pemikiran yang di luar dari pada umumnya mungkin saja beberapa hal yang tabu dibahas di dalam sebuah esai. Ternyata menjadi hal menarik dan sering kali dipilih oleh banyak pembaca dan juga penyeleksi khusus. Aktivitas edukasi ini bisa membahas mengenai apapun selama berdasar dan bukan berdasarkan dengan opini.

Jika memang kamu memiliki data yang valid dan juga jelas maka kamu bisa memberikan sudut pandang lain dari ilmu pengetahuan. Tentu saja kamu bisa memberikan pandangan dengan baik. Gerakan ini seringkali berhasil membawa banyak penulis, untuk menuangkan sebuah tulisan ataupun esai yang berkualitas.

3. Tulis Esai Orisinal

Writing a history essay

Selanjutnya tulisan esai wajib orisinal atau murni didapatkan dari pemikiran masing-masing penulisnya. Kalimat pembuka isi dan juga kesimpulan yang didapatkan haruslah orisinal. Karena bagaimanapun juga esai menandakan karakter dari seorang penulis. Sehingga saya bukan berasal dari contekan ataupun bahan yang berasal dari orang lain yang dicatat untuk menjadi karya yang kamu miliki.

Untuk menghasilkan tulisan original memang tidaklah mudah tetapi akan lebih dihargai dan tentu saja menjadi karya yang bisa dibeli hak ciptanya. Dengan nilai yang cukup mahal, sehingga ada baiknya jangan mencoba-coba untuk membuat tulisan esai dari bahasa ataupun penulisan orang lain. Kecuali menjadikan hal tersebut sebagai inspirasi saja.

4. Tulis Esai Pendek namun Jelas

Down With the Five Paragraph Essay!

Esai mungkin akan membantu menggali pemahaman dan juga pengetahuan yang kamu miliki mengenai dunia penulisan. Tapi bukan berarti ketika menulis sebuah esai kamu harus menuangkannya dengan kata yang sangat banyak atau bahkan lebih dari 5 halaman. Umumnya esai merupakan cerita pendek yang mencakup semua informasi secara singkat.

Namun jelas sebuah esai harus memiliki pembukaan kemudian isi atau konflik yang jelas dan akhirnya pendapat ataupun kesimpulan di bagian isi esai tersebut. Selain itu dari sebuah ide umumnya dikembangkan menjadi pembahasan yang lengkap. Tetapi kata dan juga padanan bahasanya seringkali sudah ditentukan. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak sekali bahasa yang tidak penting dalam esai yang telah kamu buat.

5) Pilih Topik yang Berkualitas

Watchdog to pursue essay-cheat websites - BBC News

Tips terakhir yang seringkali dilakukan oleh para penulis esai profesional, untuk kamu yang ingin membuat sebuah tulisan yaitu tentukan topik yang mengejutkan atau jarang dipilih. beberapa esai seringkali membebaskan para penulisnya untuk memilih topik yang disukai cobalah untuk mengangkat sebuah permasalahan yang terdapat di sebuah kehidupan sehari-hari dengan begitu nantinya kamu bisa mengungkap atau membahas dengan baik hal menunjukkan lainnya yang bisa didapatkan dengan memilih topik yang unik dan berbeda maka nantinya kamu akan mendapatkan sebuah esai yang berkualitas dan berbeda dengan beberapa essay lainnya


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *