Menulis seringkali menjadi kegiatan yang dipilih oleh banyak orang, untuk menuangkan ide dan juga pikiran mereka secara pribadi ataupun bersifat publik. Dengan adanya tulisan ini tentu saja kamu dapat membuat sebuah karya, hanya dari pikiran yang dituangkan dengan bahasa yang lebih terstruktur dan juga tertata sehingga menjadi penulis profesional.

Sayangnya, masih banyak orang yang merasa bingung. Bagaimana caranya memutuskan untuk menguasai dunia penulisan atau bahkan ingin menjadi penulis professional. Nah ketahui dulu 5 hal yang harus dipersiapkan. Berikut ini agar bisa menjadi penulis profesional yang berkualitas

1. Masuk Ke Lingkungan Penulis Profesional

You Should Be Writing Every Day. Here's Why (and How to Do It ...

Hal pertama yang dapat dilakukan ketika memutuskan untuk menjadi seorang penulis profesional yaitu memasuki lingkungan ataupun dunia penulisan. Kamu tentu tahu bukan bahwa lingkungan yang seringkali mempengaruhi diri kita, lebih besar dibandingkan belajar dan berlatih.

Sehingga cara yang paling mudah untuk mempelajari, seperti apa dunia kepenulisan. Dengan bergaul atau masuk ke lingkungan yang berisi para penulis professional.

Baik online maupun offline. Cobalah untuk bertemu dengan mereka dan melakukan diskusi. Nantinya kamu akan mendapatkan berbagai pengetahuan, dan juga informasi yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan dalam sebuah buku.

2. Kritis Terhadap Diri Sendiri

The Liberation and Consternation of Writing a Whole Book with ...

Hal kedua yang dapat dilakukan sebagai persiapan untuk menjadi penulis profesional yaitu kritis terhadap diri sendiri. Banyak yang merasa bahwa karir mereka sebagai seorang penulis mengalami kegagalan, ketika sulit untuk menuangkan pikiran atau menghadapi kebuntuan ketika menulis.

Padahal sebenarnya kritis terhadap diri sendiri bisa membantu meningkatkan mental sebagai seorang penulis professional. Sudah menjadi rahasia umum banyak penulis yang merasa bahwa hasil tulisannya yang paling buruk atau justru sebaliknya.

Hasil tulisannya merupakan karya yang paling baik, walaupun begitu tetap saja harus berpikir secara jernih dan terima kritik atau saran yang diberikan oleh orang lain.

Cara ini juga mungkin terlihat muda secara teori. Tetapi sebenarnya sangat sulit untuk dipraktekkan sehingga jika kamu sudah bisa melakukan hal di atas. Maka bisa dikatakan kamu sudah cukup baik untuk menjadi seorang penulis.

3. Rajin Berlatih

18 Motivational Quotes To Bring Out The Writer In You.

Cara ketiga yang harus diikuti sebagai seseorang yang ingin menjadi penulis profesional yaitu banyak berlatih, seperti halnya pisau yang harus selalu diasah agar tajam. Begitupun dengan cara menulis dan juga keterampilan menuangkan kata-kata hal ini sangat penting.

Karena bagaimanapun juga jika sering berlatih ataupun menuangkan kata-kata mulai dari menulis secara langsung ataupun pengetikan melalui komputer. Nantinya cara berbahasa dan juga sistem penulisan akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Jangan lupa lakukan juga evaluasi, serta tanyakan kepada para professional. Apakah hasil tulisan yang telah kamu buat sudah cukup sesuai dengan panduan, atau justru masih banyak yang harus dikembangkan dan dilatih.

4. Penulis Profesional harus Disiplin

The Importance of Using Examples in Your Writing

Selanjutnya hal yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi seorang penulis profesional yaitu disiplin terhadap diri sendiri. Terkadang beberapa penulis mengatakan, bahwa mereka memutuskan untuk menulis saat suasana hatinya, sedang senang atau ketika keinginan untuk menulis sedang muncul.

Saat sedang buntu atau pusing menuangkan ide kedalam karya maka kamu bisa melakukan refreshment sehingga tidak merasa penat. Namun bukan berarti, kamu bisa mengikuti keinginan untuk karya yang dibuat cepat selesai dan tentu saja sesuai target.

5. Jangan Takut Memulai

Sign up for the creative writing evening class at Loughborough ...

Selanjutnya hal yang harus diperhatikan untuk kamu yang ingin memulai menjadi seorang penulis professional, yaitu jangan takut untuk memulai dan menuangkan tulisan. Seringkali banyak orang mengatakan bahwa mereka terkendala akan ide yang buntu dan merasa ketakutan.

Artikel terkait : Ikatlah ilmu itu dengan menulisnya (Ali bin Abi Thalib)

Hasil karya tidak sesuai dengan keinginan atau sulit untuk diterima oleh banyak pembaca. Jangan khawatir karena kritikan yang membangun, dapat membantu kamu untuk bisa berkembang menjadi penulis yang lebih baik lagi.

Selain itu jika memang ada komentar yang tidak berdasar, ada baiknya kamu tutup kuping. Karena bagaimanapun juga untuk menjadi seorang penulis professional. Kamu pasti akan mendapatkan orang yang menyukai dan membenci karya kamu.

Itulah deretan informasi yang bisa dilakukan jika ingin memulai menjadi penulis professional. Dengan kelima tips diatas, tidak perlu takut lagi memulai karir sebagai penulis professional kan ?


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

1 Comment

Pemula Butuh Penerbit ? Ini 5 Rekomendasinya - DigiNote ID · 16/04/2020 at 1:24 am

[…] artikel terkait : 5 Persiapan Untuk Menjadi Penulis Profesional […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *