Pustakawan merupakan salah satu profesi yang seringkali dipandang sebelah mata. Padahal pustakawan merupakan profesi yang sangat bagus dimana sebagai seseorang, yang membantu untuk mengelola sebuah perpustakaan hal tersebut tidaklah mudah.

Ada banyak aturan yang bisa dibuat dan diterapkan sehingga para pengguna perpustakaan dapat mencari buku dengan lebih mudah. Selain itu pustakawan juga harus paham berapa banyak buku yang ada di dalam ruangan tersebut. Bahkan judul dan juga penempatannya berbicara soal pustakawan, sebenarnya apa saja sih tugas utama yang bisa diketahui.

  • Layanan referensi

Being a librarian used to be considered a dangerous profession for ...

Hal pertama yang bisa kamu ketahui fungsi dari pustakawan yaitu membantu untuk memberikan layanan referensi. Hal ini sangatlah penting karena bagaimanapun juga beberapa orang yang datang ke perpustakaan seringkali merasa bingung.

Bagaimana caranya mencari buku yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan juga menemukan buku sesuai dengan isi atau konten dari buku tersebut. Nah sebagai seorang pustakawan mereka harus tahu apa saja isi dari masing-masing buku, yang ada di dalam perpustakaan dan juga membantu memberikan layanan referensi yang dibutuhkan.

Selain itu pustakawan juga harus memahami mengenai jurnal ataupun bahan-bahan penelitian lain yang dibukukan dalam perpustakaan. Dengan keahlian khusus ini. Tentu saja pustakawan terlihat lebih keren dan menanggung pekerjaan yang cukup sulit bukan.

  • Penomoran Buku

Responsibilities as an Academic Librarian You Need to Know

Selanjutnya fungsi dari pustakawan tentu saja melakukan pengolahan buku dan juga nomor yang ada di dalam ruangan tersebut. Mengolah buku bukan hal yang mudah seperti halnya mengolah berbagai macam barang yang ada di kamar.

Koleksi buku yang ada di dalam perpustakaan juga sangat beragam mulai dari buku yang diklasifikasikan berdasarkan nomor, atau berdasarkan nama penulis dan huruf abjad hal ini ada aturannya tersendiri. Sehingga para pustakawan tidak melakukannya secara sembarangan.

Selain itu ke nomor anda juga pengaturan buku ini juga harus dilakukan oleh satu atau dua orang saja sehingga tidak boleh banyak tim yang mengelola pengaturan tersebut. Agar sesuai dengan ketentuan dan penguasaan bisa dilakukan dengan baik, pengolahan buku ini tidak bisa dilakukan 1 atau 2 hari saja. Namun membutuhkan program jangka panjang yang dilakukan oleh pustakawan.

  • Layanan Informasi

Contact Us | Queens Public Library

Selanjutnya yang harus diketahui apabila kamu tertarik untuk menjadi pustakawan. Maka kamu harus bisa memberikan pelayanan informasi dan juga buku kepada para pengunjung. Hal ini sangatlah penting karena beberapa orang terkadang merasa bingung bagaimana cara mereka menemukan sebuah buku dengan konten atau isi tertentu.

Tetapi tidak tahu judul ataupun pengarangnya, nah perpustakaan harus bisa menyediakan informasi yang lengkap kalau pun tidak ada mengenai buku tersebut. Pustakawan bisa langsung mencatatnya ke dalam sebuah note dan menyatakan bahwa perpustakaannya masih kekurangan buku. Dalam tema tertentu hal ini harus dilakukan secara berurutan dan berkesinambungan. Agar tidak terjadi perbedaan informasi terlihat mudah tapi sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan.

  • Berkarya dengan Pengetahuan

Fakta Menarik Jurusan Ilmu Perpustakaan untuk SNMPTN 2020, Dilatih ...

Tidak hanya dosen atau tenaga pengajar lainnya yang bisa dan boleh berbagi ilmu. Pustakawan juga sangat mungkin membagikan ilmunya. Bukankah ilmu yang diperoleh tiap-tiap individu perlu disebarluaskan agar lebih terasa manfaatnya? Nah, mulai saat ini, para pustakawan tidak perlu lagi menutup diri untuk mengeksplorasi pengetahuannya dan menyebarluaskan ilmu yang dimiliki. Mereka bisa meningkatkan rasa percaya diri agar tidak hanya bekerja di bidangnya, tetapi juga berkarya dan menulis buku.

  • Menulis Buku

Pustakawan, Tresno Kuwi Jalaran Kulino | Makmal Pendidikan

Masih sedikitnya buku kepustakawanan yang diterbitkan seharusnya membawa para pustakawan untuk lebih bersemangat dalam menulis buku. Mereka bisa menuangkan gagasan dan pengetahuannya di dunia perpustakaan untuk didokumentasikan agar mampu bertahan lama dan dapat dibaca banyak orang. Peluang ini juga dibarengi dengan semakin banyaknya penerbit buku yang siap menjadi mitra bagi siapapun yang ingin menerbitkan buku.

Jadi, para pustakawan kini tak perlu lagi khawatir akan sulitnya proses penerbitan buku. Ia yang telah menulis buku dapat mencari penerbit buku terpercaya dan bekerjasama selama proses penerbitan dan publikasi buku yang ditulisnya. Di samping itu, kesempatan yang dimiliki para pustakawan juga lebih besar karena masih ada banyak tema yang perlu ditulis dan dijadikan sumber informasi berupa buku.


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *