Menulis Artikel Bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena sebagai orang Indonesia, bahasa yang terbiasa digunakan dalam kehidupan adalah bahasa Indonesia. Sehingga apabila terbiasa maka akan sulit untuk menuliskan artikel berbahasa Inggris. Berikut ini adalah Tips menulis artikel Bahasa Inggris:

1) Membaca Artikel Bahasa Inggris

Membaca artikel berbahasa Inggris akan membiasakan diri dengan tulisan tulisan english. Sebelum menulis artikel bahasa inggris, biasakan untuk membaca artikel terkait sebanyak mungkin. Gunanya untuk memudahkan penulis belajar membuat kalimat dalam bahasa inggris.

Keuntungan membaca artikel bahasa inggris bagi penulis adalah menambah kosa kata, mempelajari penyusunan kalimat, belajar grammar, dan memberikan wawasan tentang menulis artikel bahasa inggris lebih luas.

Menambah kosakata sangat sering ditemukan dalam membaca artikel bahasa inggris. Akan ada banyak kata baru yang tidak pernah ditemukan sebelumnya, sehingga semakin banyak membaca maka semakin banyak kosa kata baru.

Mempelajari penyusunan kalimat terbilang cukup cepat dengan rajin membaca. Dalam artikel berbahasa inggris , penulis dapat melihat bagaimana rangkaian kata membentuk suatu kalimat. Diantranya penempatan subjek, predikat, objek hingga keterangan.

Mempelajari grammar bukanlah hal yang mudah. Seseorang bisa membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari grammar. Namun dengan membisakan menulis, maka penulis akan lebih terbiasa dengan penyusunan kalimat yang sesuai grammar.

Rajin membaca artikel berbahasa Inggris akan memudahkan seseorang untuk membuka wawasan lebih banyak tentang bagaimana cara menulis artikel berbahasa inggris. Untuk itu diperlukan adanya banyak artikel bahasa inggris yang bisa menjadi referensi.

2) Perbanyak Vocabullary

Vocabullary atau kosa kata merupakan kumpulan kata kata dalam bahasa inggris. Kata-kata ini yang kemudian jika disusun akan membentuk kalimat. Bagaimana bisa penulis membuat artikel apabila masih banyak kata yang tidak diketahui artinya dalam bahasa Inggris. Dengan kosa kata yang banyak akan membuat tulisan menjadi lebih baik karna tidak menggunakan kata yang sama secara terus menerus.

Terdapat berbagai cara untuk memperbanyak vocabullary. Diantaranya adalah dengan membaca kamus, membaca artikel berbahasa inggris, dan mendengarkan musik atau video lalu mengartikannya. Untuk memudahkan penulis bisa langsung mencari artikel dengan kata kunci yang serupa dengan tulisan yang akan ditulis. Sehingga kata yang dipelajari akan fokus pada tema.

Baca juga: https://diginote.id/menulis-artikel-akademik-berbasis-seo-ini-tipsnya/

3) Bantuan Kamus

Bantuan kamus sangat dibutuhkan dalam penulisan artike berbahasa inggris. Apabila penulis tidak mengertahui beberapa kata maka dapat menggunakan kamus. Selain itu juga kamus akan membantu ketika penulis sedang melakukan riset bahan dan muncul istilah baru yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Kamus Bahasa Inggris

Kamus yang dapat digunakan adalah kamus berbentuk cetakan, alfalink atau mesin penerjemah, dan google translate. Diantara ketiganya, yang sangat disarankan adalah menggunakan kamus cetakan, yang mana mampu membuat penulis mengingat kosa kata baru lebih lama. Penggunaan google translate tidak disarankan dan bisa saja salah, karena apabila penulis menulis kejadian pada masa lampau dan arti yang diberikan oleh google translate merupkan masa kini. Maka secara otomatis tulisan menjadi salah.

4) Spelling dan Grammar

Spelling dan grammar adalah dua hal yang berbeda namun melekat pada satu sistem. Keduanya memiliki posisi yang sama pentingnya.

Spelling adalah bagaimana penulisan kata yang benar, sedangkan grammar merupakan bagaimana caranya menyusun kalimat bahasa Inggris sesuai dengan kaidahnya.

Penulis bisa saja melakukan kesalahan spelling namun grammar benar. Sebaliknya, grammar yang salah belum tentu menandakan spelling yang salah. Namu bisa juga dalam satu tulisan terdapat kesalahan grammar maupun spelling. Untuk itu diperlukan ketelitian yang tinggi.

Untuk menghindar adanya kesalahan pada spelling, penulis harus detail terhadap tulisannya. Cara pencegahan yang juga dapat dilakukan adalah dengan membuat auto text english pada microsoft word. Dengan begitu mak ms word secara langsung akan mendeteksi kesalahan spelling dengan memberikan garis bawah merah atau memperbaiki otomatis.

Grammar penting untuk tulisan bahasa inggris

Grammar. Mempelajari grammar yaitu bagaimana kita mengertahui struktur tulisan yang benar. Kini pada era tekhnologi untuk mengetahui apakah grammar yang digunakan sudah benar atau belum, maka dapat dilakukan pengecekan pada website grammarly.

Demikian sedikit tips dari saya ekonovianto.id, dalam hal kepenulisan untuk SEO, dimana saya sendiri sudah berkecimpung lama dalam dunia jasa seo, khususnya jasa seo di semarang. Mari bersilaturahim melalui web personal saya, untuk berdiskusi lebih jauh mengenai SEO atau digital marketing. Selain seorang internet marketer saya merupakan bisnis owner di beberapa bidang bisnis seperti studio pelangi , sewa videotron, dan perusahaan digital yang membantu UMKM yaitu oke digital agency.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *