Merubah karya yang telah dimiliki dari tulisan menjadi sebuah film merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan. Namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah, mengingat beberapa orang seringkali mengatakan bahwa mereka berhasil menuliskan ide dan juga pikiran, yang mereka miliki.

Tetapi beberapa penulis merasa kesulitan untuk mengubahnya menjadi sebuah skenario, yang nantinya akan dikaryakan menjadi sebuah film. Sebenarnya bagaimana langkah yang tepat untuk menulis skenario film bagi para pemula ? berikut ini informasi lengkapnya

1) Tentukan Premis dan Logline

How to Write a Script for a Video (With a Free Template!) | Blog ...

Hal pertama yang dilakukan yaitu memastikan bahwa telah memilih premis dan juga logline untuk menjadi intisari cerita yang ada dalam keseluruhan sinopsis tersebut. Menentukan premis dan log memang terasa sulit namun sebagai seorang penulis anda bisa mencoba menuangkan nya dengan baik.

artikel terkait : 5 Tips Ampuh Tulis Esai dengan Benar

Biasanya premis dan lain-lain dirumuskan dengan cara, karakter + punya tujuan + memiliki halangan. Dalam penulisan premis keseluruhan cerita dapat digambarkan hanya dalam 1 kalimat saja tetapi, berbeda dengan sistem logline yaitu ulasan cerita berisi lebih panjang dan lebih lebih dari satu paragraph.

Kedua hal ini sangatlah penting dan menjadi acuan dari adanya skenario premis dan logline juga bisa membantu anda, untuk membatasi isi dari mana penyusunan plot agar tidak keluar dan fokus tetap pada cerita.

2) Menyusun Alur atau Plot

Video Clinic: How to Write an Awesome Training Video Script ...

Langkah selanjutnya bisa dilakukan ketika memutuskan untuk menulis skenario yaitu memastikan bahwa telah menyusun alur ataupun cerita yang sesuai dengan durasi film. Hal ini memang cukup sulit namun mengatur plot dengan durasi menjadi salah satu kunci. Agar anda bisa menulis sebuah skenario dengan tepat dan sesuai jangan sampai ceritanya terlalu panjang.

Sedangkan durasi film hanya dibatasi satu jam saja sebaliknya jangan sampai anda menuliskan sebuah skenario yang sangat pendek. Padahal filmnya berdurasi cukup panjang dalam produksi film panjang ataupun pendek umumnya alur cerita akan dibagi menjadi 3 babak. Mulai dari perkenalan karakter adanya petualangan karakter dan juga kesimpulan yang ada di akhir.

Jangan sampai ketiga hal ini tidak diperhatikan sehingga nantinya penyusunan skenario akan berantakan tahapan yang paling penting. Selanjutnya yaitu memberikan bit atau isi cerita yang berisi mengenai kegiatan karakter atau aktivitas karakter. Nantinya setiap kegiatan digambarkan menjadi sebuah alur cerita yang dipotong, berdasarkan waktu yang pendek untuk membantu penulis agar mencapai kan antara durasi dan scenario.

3) Skenario adalah Ucapan!

The Ultimate Guide to Write a Video Script like a Pro

Hal penting lainnya yang harus diketahui ketika memutuskan untuk menulis sebuah dialog maka haruslah dituliskan dengan jelas mulai dari ucapan karakter dan juga format, serta namanya. Nantinya para pemain film akan membaca dengan baik tulisan.

Mereka juga akan memperhatikan nada serta tanda baca yang diberikan oleh para penulis scenario. Sehingga imajinasi yang akan pemahaman teknik pengambilan gambar akan sejalan dengan cara penulisan yang baik. Untuk itu tahap yang paling penting dalam fungsi penulisan skenario bukan hanya menyampaikan pesan.

Tetapi juga menyampaikan bagaimana caranya memaknai dan mengekspresikan, adanya tulisan yang telah dibuat oleh para penulis scenario. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah sehingga ketika menuliskan scenario. Cobalah untuk baca kembali agar bahasa tulisan dan juga ketentuan yang diinginkan berjalan sesuai.

4) Tema yang Sesuai dengan Skenario

How to Write a Script for a Video (With a Free Template!) | Blog ...

Memastikan tema sesuai yang merupakan hal yang paling penting lainnya ketika membuat sebuah scenario. Fungsi dari tema tentu saja menjadi sebuah masukan atau hal yang bantu menentukan ide terhadap unsur-unsur lain yang ada pada cerita.

Misalnya saja plot, tokoh, latar dan lain sebagainya seseorang yang seringkali menuliskan sebuah novel atau cerpen. Nantinya akan lebih mudah merumuskan sebuah tema dan diangkat menjadi cerita yang lebih lebar. Namun bukan berarti penulisan skenario bisa semudah itu karena anda tetap harus berpacu pada tema. Namun bisa mengembangkannya dalam bentuk percakapan.

Selain ke-4 poin di atas sebenarnya penulis skenario harus memperhatikan hal lainnya. Misalnya saja para aktris ataupun aktor yang digunakan untuk mengekspresikan dan juga menjalankan cerita menjadi sebuah film ataupun proses pengambilan gambar.

Untuk itu penulis skenario biasanya harus berada di samping sutradara film untuk memastikan antara cerita dan juga wujud visual serupa atau tidak. Jangan sampai cerita yang ada di novel memiliki wujud yang berbeda ketika difilmkan sebagai seorang pemula. Baiknya anda jangan takut untuk berubah antara cerita novel yang anda miliki menjadi sebuah scenario. Karena bagaimanapun juga para penulis skenario awalnya berani mencoba untuk mengembangkan ide dan karya mereka.


tiffany lestari

Fany adalah penulis aktif dan juga frelancer, menjadi admn beberapa media nasional dan juga blogger. sudah banyak artikel dan tulisannya di terbitkan di media seperti hipwee, dan sejenisnya..

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *