Bullet jurnal merupakan salah satu bentuk buku harian atau buku catatan yang kini sedang ramai digunakan oleh kaum remaja. Dalam membuat bullet jurnal, kreativitas seseorang sangat diuji. Karena ia akan membuat catatan harian nya menjadi indah dengan sentuhan seni asli gambaran tangan. Agar terlihat lebih indah, terdapat beberapa alat tulis bullet jurnal atau pulpen yang harus digunakan. Ini merupakan salah satu tips bagaimana memperindah atau membuat bullet jenal kita berbeda dengan orang lain.

Jadi penggunaan alat tulis pulpen juga mempengaruhi bagus tidaknya suatu gambaran yang ada pada bullet jurnal. Hal ini karena kekebalan dari pulpen tersebut jika disatukan antara satu dengan yang lain dapat menciptakan suatu seni yang indah. Berikut ini adalah beberapa rangkuman pulpen atau alat tulis bullet jurnal yang paling sering digunakan.

Baca juga: https://diginote.id/7-tips-menulis-novel-yang-baik-dan-benar/

Fineliners

Fine lines merupakan jenis pulpen yang biasanya digunakan untuk menggambar atau membuat sketch. Dalam membuat bullet jurnal, juga kebanyakan orang menggunakan jenis pulpen yang satu ini. Hal ini karena fineliner pen sangat mudah ditemukan selain itu memiliki cinta yang sangat mudah kering sehingga tidak akan mengotori buku. Yang terpenting adalah pulpen yang satu ini juga cocok untuk digunakan dalam segala jenis ketebalan kertas.

  • Jenis pulpen fineliners diantaranya adalah sakura pigma micron yang memiliki tingkat ketebalan berbeda beda.
  • Steadler pigment liner yang merupakan produk buatan jerman dengan kualitas sangat baik.
  • Point 88 fineliner yaitu pulpen fineliners dengan beragam warna.

Brush Pen

Brush pen

Brush pen merupakan salah satu jenis pulpen yang juga sering digunakan untuk bullet jurnal. Pulpen ini umumnya digunakan untuk membuat kaligrafi atau shedding. Dinamakan beras fen karena memiliki ujung yang seperti quas. Sehingga dapat digunakan dengan cara teknik melukis. Beras fen tidak hanya tersedia dalam satu warna melainkan juga memiliki banyak warna. Namun penggunaan nya membutuhkan skill tertentu karena menentukan tebal tipisnya tulisan, sehingga para pengguna harus sering berlatih dalam menggunakan beras fen.

  • Tombow fudenosuke brush pen, jenis ini merupakan fude pen atau brush pen yang banyak digunakan di negara asia timur seperti jepang. Pulpen ini sangat bagus untuk membuat heading dan mengganbar kaligrafi.
  • Pentel fude touch sign merupakan jenis pulpen yang juga serupa dengan tombow. Namun jenis pentel memiliki ujung yang lebih keras selain itu juga tersedia dalam beberapa warna klasik.
  • Faber castrll pitt brush pens adalah salah satu yang tidak kalah terkenal, hampir serupa dengan dua pulpen di atas akan tetapi memiliki koleksi warna yang lebih beragam. Selain itu juga harganya yang lebih mahal.

Tip Pen & Marker

Steven merupakan salah satu jenis pulpen yang serupa dengan brush pen. Akan tetapi tip pen memiliki ujung yang lebih tipis, keras dan kokoh. Sifatnya kurang lebih seperti ujung marker atau spidol. Biasanya tipe juga digunakan sebagai penebalan garis atau membuat line. Ada juga yang menggunakan sebagai coloring atau mewarnai.

Sedangkan marker merupakan spidol. Namun spidol yang digunakan bukan untuk menulis papan tulis akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Penggunaan spidol biasanya untuk bullet jurnal yang berwarna warni.

Tip pen yang biasa digunakan bullet jurnal
  • Crayola supertips, merupakan salah satu pilihan yang juga banyak digunakan untuk membuat brush lettering.
  • Paper mate flair, tidak jauh berbeda dengan pilihan sebelumnya namun memiliki kemampuan untuk menghasilkan garis yang lebih terang, tebal dan tidak merusak kertas.

Highlighter

Highlighter merupakan salah satu jenis pulpen yang juga digunakan untuk bullet jurnal. Biasanya digunakan untuk membuat bayangan dari tulisan atau mau warnai kolom kolom kecil. Produk highlighter yang dapat digunakan untuk balik jurnal adalah:

  • Zebra midliner, memiliki dua ujung yang dapat digunakan sebagai mid liner. Ujung yang pertama memilih nicky tekstur yang lebih runcing sedangkan yang kedua lebih tebal. Warna dari zebra midliner lebih soft dari warna market pada umumnya.
Highlighter untuk bullet jurnal
  • Stabilo boss. Produk yang satu ini paling mudah dijumpai dan banyak digunakan oleh siswa untuk menghelat tulisan. Ini bisa menjadi pilihan bagi yang membutuhkan highlighter dengan harga yang lebih murah.

Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *