Skin care atau perawatan kulit kini menjadi suatu tren bagi khususnya bagi kaum wanita. Bahkan telah menjadi kewajiban. Perawatan kulit merupakan salah satu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mempercantik serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kulit memiliki peran yang penting bagi kesehatan manusia karena merupakan lapisan terluar tubuh yang bersifat melindungi. Sehingga menjaga atau merawat kulit merupakan suatu hal yang wajib dilakukan.

Perawatan kulit umumnya dapat menggunakan produk skin care yang dibuat oleh perusahaan. Namun sebelumnya perawatan kulit sudah ada sejak zaman dahulu. Sebelumnya perawatan kulit  yang dilakukan oleh para leluhur adalah dengan menggunakan bahan alami seperti tumbuh tumbuhan yang kemudian dijadikan ekstrak. Penggunaan bahan alami memiliki dampak positif karena tidak membahayakan kulit namun membutuhkan konsistensi penggunaan untuk jangka waktu yang lama.

Kini, penggunaan produk perawatan kulit di indonesia sudah semakin marak. Peminat perawatan kulit dari tahun ke tahun menjadi sangat meningkat.  Tidak heran apabila banyak para blogger yang membuat review skin care itu sendiri. Namun terkadang ada beberapa kesalahan kecil yang membuat review menjadi kurang menarik. Berikut ini adalah 2 hal penting yang wajib diketahui ketika sedang membuat artikel tentang skin care yang dapat diikuti.

Baca juga: https://diginote.id/tips-menulis-artikel-seo-yang-mudah-dipahami-pembaca/

Memahami Dunia Skin Care

Sebelum membuat review tentang skin care, penulis harus memahami dunia skincare tersebut. Misalnya istilah yang digunakan, bagaimana cara menggunakan skincare, jenis jenis skincare dan masih banyak lagi. Memahami tentang dunia perawatan kulit akan membantu penulis untuk membuat review, karena dengan demikian maka gaya bahasa atau gaya berceritanya dalam membuat review semakin familiar dengan dunia skin care atau tidak terasa janggal. Untuk itu pertama tama yang harus diketahui oleh penulis adalah dunia skin care itu sendiri.

Urutan menggunakan skin care

Salah satu contohnya adalah urutan penggunaan skin care. Pada umumnya urutan penggunaan produk perawatan berbeda beda namun yang paling terkenal adalah urutan penggunaan skin care korea yaitu 10 step. Namun penggunaan skin care pada siang dan malam hari juga berbeda. Terdapat banyak produk yang harus digunakan pada siang hari, namun tidak digunakan pada malam hari. Maka dari itu sang penulis harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang terdapat dalam dunia perawatan. Selain itu penulis juga harus mengetahui istilah istilah yang digunakan dalam skin care misalnya Hyperpigmentation, AHA, BHA, Breakout.

Memahami Jenis Jenis Kulit

Selain mengenal dengan dunia skin care, menulis juga harus mengetahui jenis jenis kulit. Mengapa, karena setiap kulit memiliki jenis yang berbeda beda dan tidak semua kulit memiliki kecocokkan atau ketidakcocokan yang sama atas suatu produk. Jenis kulit seseorang bergantung pada kadar air yang dimiliki kadar minyak yang dimiliki serta tingkat sensitifitas kulit tersebut.

Secara umum jenis kulit terbagi menjadi lima, diantaranya:

Mengenal jenis kulit sebelum membuat artikel skin care

Kulit kering memiliki tekstur yang kasar agak bersisik dan mudah terasa gatal. Kulit kering memiliki pori pori serta garis yang jelas. Orang yang memiliki jenis kulit kering dapat melihat dengan jelas pengikisan sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit. Pada udara dingin kulit akan menjadi lebih kasar dan bersisik. Selain itu pada penggunaan sabun muka yang salah juga dapat menyebabkan kulit menjadi semakin kasar.

Jenis Kulit berminyak adalah kulit yang memiliki sebum atau kadar minyak berlebihan. Kulit berminyak akan sangat mengganggu dalam penggunaan kosmetik, karena mudah retak.  Jenis kulit berminyak dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Sedangkan Kulit normal merupakan idaman para wanita karena tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan. Kulit normal tidak mudah memiliki masalah seperti kasar atau berminyak ataupun berjerawat.

Adapun Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Kulit kombinasi memiliki jenis kulit berminyak pada daerah t, sedangkan sisa bagiannya memiliki tekstur kering. Perawatan kulit berminyak pun sangat rumit karena menggunakan perawatan kulit berminyak maupun kulit kering.

Kulit sensitive merupakan jenis kulit yang mudah mengalami iritasi. Penyebab kulit sensitif sangat beragam, biasanya karna penggunaan produk yang mengandung bahan tertentu.


Eko Novianto

Eko Novianto merupakan Bisnis owner (sewa videotron dengan merk INDOLED pro & Pelangi Corps) yang juga sekaligus blogger di web personalnya. Sangat tertarik dalam bidang Internet marketing strategic khususnya bidang SEO sehingga menginisiasi lahirnya OKE digital, sebuah program kolaborasi untuk membantu UMKM bersaing di dunia online.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *